Teriakan “Prabowo Presiden” Warnai Momen Ziarah ke Makam Bung Karno – Berita Jatim

by
Teriakan "Prabowo Presiden" Warnai Momen Ziarah ke Makam Bung Karno

Pahami.id – Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto berkesempatan mengunjungi makam Presiden Pertama RI, Soekarno di Desa Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

Selain untuk ziarah, kunjungan Prabowo ke makam Soekarno adalah untuk memberikan penghormatan kepada presiden pertama RI yang turut serta dalam merayakan kemerdekaan Indonesia.

“Beliau pahlawan, beliau proklamator, salah satu tokoh besar yang memerdekakan bangsa kita. Pemersatu nusantara. Kita harus hormati,” kata Prabowo, dikutip dari ANTARA, Minggu (17/12/2023).

Selama di Blitar, Prabowo didampingi beberapa petinggi partai seperti Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, dan Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak. .

Prabowo juga didampingi mendiang pangeran Rachmawati Soekarnoputri, Mohammad Mahardhika Suprapto, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Prabowo dan rombongan tiba melalui jalur darat menuju Blitar. Sesampainya di pemakaman Bung Karno, ia langsung disambut warga dan simpatisan.

Prabowo kemudian masuk ke dalam kubur dan berdoa. Setelah itu, ia membungkuk dan menebarkan bunga di makam Bung Karno dan orang tuanya.

Usai salat, Prabowo meninggalkan kubur. Ia juga masih disambut baik oleh warga dan simpatisan. Teriakan “Prabowo Presiden” pun menggema. Selain itu, warga juga berebut untuk berjabat tangan dan berfoto.

Setelah itu, Prabowo dan rombongan melanjutkan perjalanan menghadiri deklarasi relawan pendukung Prabowo Subianto pada Pemilu 2024 yang berlangsung di GOR Soekarno Hatta, Kota Blitar.

Sebelum kedatangan Prabowo dan rombongan, area pemakaman Bung Karno sudah disterilkan. Masyarakat tidak diperbolehkan masuk selama beberapa waktu.

Namun, setelah rombongan Prabowo meninggalkan lokasi makam, warga kembali diperbolehkan menjenguk. Lokasi tersebut telah dikecualikan dari sterilisasi.

Relawan dan simpatisan pun bergerak menuju lokasi GOR Seokarno Hatta Kota Blitar untuk menyaksikan acara deklarasi dukungan. (DI ANTARA)