Tepergok Saat Hendak Curi Motor, Nasib 2 Pria Sidoarjo Berakhir Apes – Berita Jatim

by
Motor Milik Polisi di Jember Dicuri, Wajah Malingnya Tertangkap Kamera CCTV

Pahami.id – Dua pria pelaku pencurian kendaraan bermotor berhasil diamankan warga di kawasan Sukodono, Sidoarjo. Pelaku langsung ditangkap.

Pencurian terjadi pada Minggu (16/11/2023) sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu korban PDS sedang berziarah di Pemakaman Klagen, Wilayut, Sukodono.

Melihat sepeda motor yang terparkir, pria berinisial S dan AI warga Surabaya itu melancarkan aksinya. Dengan menggunakan kunci T, keduanya membuka kunci sepeda motor PDS.

Namun pelaku berhasil ditangkap oleh korban yang berteriak mencuri. Tiba-tiba warga sekitar yang mengenalinya langsung menangkapnya. Pelaku ditangkap warga.

Keduanya kemudian diserahkan ke Polsek Sukodono untuk diperiksa. Hasil penyelidikan mendalam yang dilakukan polisi mengungkapkan, aksi tersebut bukan kali pertama terjadi.

Sebelumnya, pelaku S dan AI pernah melakukan pencurian sepeda motor di kawasan Sukodono pada bulan lalu.

Masing-masing aktor mempunyai peran yang berbeda-beda. Tersangka S menggunakan kunci T untuk membuka kunci kontak sepeda motor korban. Sedangkan AI berperan sebagai joki sambil memantau situasi di sekitar lokasi kejadian.

“Sepeda motor yang mereka curi sebulan lalu dijual ke seseorang di Madura seharga Rp. 2.100.000. Selanjutnya hasilnya akan dibagikan kepada pelaku, kata Kapolres Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, dikutip Beritajatim.com–rekan media Pahami.id, Senin (20/11/2023).

Polisi menjerat pelaku dengan Pasal 363 ayat 1, 4, dan 5 KUHP tentang pencurian berat. Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara.

Kusumo Wahyu meminta masyarakat lebih berhati-hati saat memarkir dan merawat kendaraannya. Ia juga meminta warga mengunci dengan baik dan memasang alat anti maling.

“Jika melihat ada yang mencurigakan segera lapor ke polisi,” tutupnya.