Tebalnya Kantung Mata Gibran Rakabuming, Apa Penyebanya, Kurang Tidur? – Berita Jatim

by
Tebalnya Kantung Mata Gibran Rakabuming, Apa Penyebanya, Kurang Tidur?

Pahami.id – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming sempat mencuri perhatian pada debat cawapres malam ini, Jumat (22/12) yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Kantung mata terlihat di mata Gibran saat debat cawapres siang tadi. Sepertinya kantung mata sebelah kanan sedikit lebih tebal dibandingkan sebelah kiri.

Masalah kantung mata sempat disinggung dr Tompi beberapa waktu lalu. Saat itu, Tompi mengomentari kantung mata yang dimiliki tiga calon presiden pada Pilpres 2024, Anies, Prabowo, dan Ganjar.

“Mungkin mereka banyak perbedaannya, gapapa, bagus sekali. Tapi aku lihat mereka punya 1 SIMILARITAS! Mereka semua punya masalah yang sama!” jelas Tompi melalui akun Twitternya (X) @dr_tompi pada 24 Oktober 2023.

“MASALAHNYA PADA MATA ANDA, saya kira Anda ingin saya operasikan kantung mata. Insya Allah Anda akan lebih segar sehingga Anda akan semangat untuk terus membangun bangsa ini. KEMERDEKAAN!” ujar Tompi.

Kantung mata merupakan kondisi umum yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kantung mata terbentuk akibat penumpukan cairan akibat melemahnya jaringan di sekitar mata.

Meski tidak menimbulkan rasa sakit, kantung mata dapat mengganggu penampilan Anda dan membuat orang merasa minder.

Dikutip dari beberapa sumber, ada banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang memiliki kantung mata. Salah satu faktor penyebab munculnya kantung mata adalah kurang tidur atau terlalu banyak tidur.

Kurang tidur khususnya bisa membuat kulit Anda pucat sehingga saluran gelap di bawah kulit lebih terlihat.

Kurang tidur juga bisa memicu penumpukan cairan yang kemudian menyebabkan kantung mata.

Saat ini terdapat beberapa pengobatan medis untuk mengatasi kantung mata, antara lain:

1. Thermage: Ini adalah perawatan non-bedah yang menggunakan panas untuk merangsang produksi kolagen. Hal ini dapat membantu mengencangkan kulit dan mengurangi munculnya kantung mata.

2. Teknik Pengangkatan Alami: Ini adalah teknik bedah terbaru yang berfokus pada pemindahan lemak dari area kantung mata ke area wajah lain yang membutuhkan volume ekstra.

3. Suntikan Botox: Meskipun Botox biasanya digunakan untuk mengurangi kerutan, namun pada beberapa kasus, suntik Botox di sekitar mata dapat membantu mengurangi kantung mata dengan cara mengencangkan otot-otot di bawah mata.

4. Blepharoplasty: Ini adalah prosedur bedah yang paling umum digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Dalam blepharoplasty, dokter bedah akan menghilangkan sebagian kelebihan lemak, otot, atau kulit di bawah mata. Prosedur ini bisa dilakukan pada satu atau kedua mata. Biasanya hasilnya cukup tahan lama.