Tak Hanya Sebagai Homebase Persebaya, Stadion GBT Bakal Jadi Tempat Wisata Olahraga – Berita Jatim

by
Tak Hanya Sebagai Homebase Persebaya, Stadion GBT Bakal Jadi Tempat Wisata Olahraga

Pahami.id – Pemerintah Kota Surabaya menggandeng Persebaya menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sebagai “sport tourism” atau wisata yang dipadukan dengan olahraga.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Stadion GBT merupakan basis Persebaya sehingga berpotensi dibuka untuk “sport tourism”.

“Jadi orang datang melihat homebase Persebaya dimana. Sama kita juga kalau mau ke Barcelona atau Real Madrid ada homebase. Nanti homebase itu dibuatkan tempat main, pertandingan sepak bola. Jadi Surabaya punya heritage. wisata, wisata religi, dan wisata sepak bola,” ujar Eri Cahyadi dikutip Kamis (11/5/2023).

Walikota Eri menjelaskan, Stadion GBT saat ini sudah berstandar internasional, sehingga tidak perlu direstrukturisasi untuk menyediakan tempat wisata sepak bola. Untuk letaknya, Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di antara pilar-pilar bangunan.

“Di bawah (berdiri), kalau kita masuk gapura itu ada (ruang) kosong di bawah pilar. Nah itu yang kita pakai,” kata Cak Eri yang akrab disapa Wali Kota Surabaya itu.

Oleh karena itu, Cak Eri berharap wisatawan yang datang ke Surabaya dan ingin melihat markas Persebaya bisa berkunjung ke Stadion GBT. Di sana, Anda bisa menambahkan foto-foto legenda Persebaya dari masa ke masa, piala atau penghargaan pada pertandingan yang berhubungan dengan sepak bola.

“Kalau ke Barcelona pasti singgah ke stadion. Kalau ke Madrid pasti singgah ke stadion. Artinya kalau orang (turis) ke Surabaya, mereka punya singgah di GBT,” ujarnya.

Untuk memperkenalkan wisata bola, Cak Eri juga meminta Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Surabaya untuk mempromosikannya melalui hotel yang bisa dilakukan dengan brosur atau video.

“Jadi orang (turis) itu datang ke Surabaya tidak hanya ke Romokalisari Adventure Land. Tapi dia bisa bermain di Stadion GBT. Jadi teman-teman (manajemen Persbaya) bisa menjual dagangannya,” ujarnya.