Biografi Bill Gates: Sang Pendiri Microsoft – Sejarah

by

William Henry “Bill” Gates III adalah seorang investor, pengusaha, penulis, dan dermawan Amerika. Ia juga mantan CEO yang saat ini memimpin perusahaan Microsoft. Microsoft adalah perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Dia secara konsisten menduduki peringkat di antara orang terkaya di dunia dan menduduki peringkat pertama dari tahun 1995 hingga 2007. Bill Gates juga termasuk dalam sejarah Microsoft Word.

minat Bill Gates di Komputer

Gates lahir dari seorang ayah bernama William H. Gates, Sr. dan seorang ibu bernama Mary Maxwell Gates. Gates memiliki keturunan Jerman, Inggris, Irlandia, dan Skotlandia. Termasuk keluarga dari kalangan menengah ke atas. Henry Gates berprofesi sebagai pengacara terkemuka sementara ibunya mendapatkan posisi yang baik dengan menjabat sebagai dewan direksi United Way dan First Interstate BancSystem. Gates sendiri merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Dia memiliki seorang adik perempuan bernama Libby dan seorang kakak perempuan bernama Kristianne dan seorang adik perempuan bernama Libby.

Gates sebenarnya sangat tertarik dengan komputer ketika dia berumur tiga belas tahun. Pada awalnya ketika Mother’s Club di sekolahnya, Lakeside School, membeli beberapa komputer General Electric dan terminal ASR Teletype Model 33 untuk para siswanya. Gates menjadi tertarik dengan cara kerja komputer. Yaitu dengan mengeksekusi kode dari software dengan sangat baik. Kemudian Gates mencoba melakukan pemrograman pertamanya dengan bahasa pemrograman jenis BASIC.

Selain komputer yang dipelajari di Lakeside School, Gates juga mempelajari sistem lain. Jenisnya adalah sistem komputer mini yang disebut DEC PDP. Terutama tipe PDP-10 yang saat itu dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC). Namun sayang, untuk menggunakan komputer PDP-10 sebenarnya waktunya terbatas. Gates dan beberapa sahabatnya Kent Evans, Ric Wellan dan Paul Allen mencoba mengakali dia untuk mendapatkan waktu tambahan. Mereka mengeksploitasi bug di sistem operasi. Namun sayangnya tindakan mereka tertangkap dan CCC melarang mereka mengakses sistem selama musim panas.

Bahasa pemrograman Bill Gates

Ketika hukuman penjara mereka akan berakhir, keempat sahabat itu ditawari oleh CCC untuk menemukan bug lain di perangkat lunak CCC dan tentu saja dengan imbalan waktu ekstra untuk menggunakan komputer. Di tempat ini, Gates memanfaatkan kesempatan itu untuk belajar tentang bahasa pemrograman. Jadi selain BASIC, ia juga menguasai program-program yang ditulis dalam LISP dan FORTRAN. Dia dan rekan-rekannya bekerja di CCC hingga tahun 1970.

Pada tahun 1971, empat siswa Lakeside bekerja untuk Information Science, Inc. setelah CCC bangkrut. Mereka mengerjakan program penggajian dalam bahasa COBOL. mempekerjakan empat siswa Lakeside untuk menulis program penggajian di COBOL. Selain Information Science, Inc., Gates juga bekerja di sekolah-sekolah Lakeside untuk membuat program untuk mengelola jadwal kelas siswa. Pada usia 17 tahun, Allen dan Gates mendirikan Traf-O-Data yang berfokus pada perhitungan lalu lintas menggunakan prosesor Intel 8008.

Gates menyelesaikan pendidikannya di Lakeside School pada tahun 1973. Dia mengikuti tes SAT dan mendapatkan nilai yang sangat tinggi dan berkat nilai tersebut, dia diterima di Harvard College. Di Harvard itulah dia bertemu Steve Ballmer yang nantinya akan menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft. Di tahun keduanya di Harvard, Gates membuat algoritma untuk memilih pancake sebagai solusi untuk masalah di kelas kombinatorika oleh Harry Lewis, yang merupakan salah satu profesornya. Algoritme Gates mencapai rekor tercepat selama tiga puluh tahun.

Bill Gates Mendirikan Microsoft

Gates sebenarnya tidak berencana kuliah di Harvard. Dia suka menghabiskan waktunya mengutak-atik komputer sekolah. Pada tahun ketiganya di Harvard, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 dirilis. Peristiwa ini menyebabkan Gates dan Allen melihatnya sebagai peluang untuk membangun perusahaan perangkat lunak komputer mereka sendiri. Orang tua Gates sangat mendukung cita-cita putra mereka.

Setelah membaca majalah Elektronik Populer memamerkan Altair 8800, Gates menghubungi MITS yang merupakan penemu mikrokomputer baru. Gates mengumumkan bahwa dia sedang mengerjakan juru bahasa BASIC untuk digunakan sebagai platformnya. Kenyataannya, Gates dan Allen tidak memiliki Altair dan tidak menulis kode BASIC. Satu-satunya rencana mereka adalah membuat MITS menemui mereka.

Presiden MITS Ed Roberts untungnya setuju dan bertemu dengan mereka untuk menonton demo. Mereka mengembangkan emulator Altair yang dapat berjalan di komputer mini hanya dalam beberapa minggu dan kemudian penerjemah BASIC. Rapat di kantor MITS menghasilkan kesepakatan untuk mendistribusikan program dengan nama Altair BASIC.

Agar proyek ini berjalan lancar, Paul Allen bekerja di MITS. Gates mengambil cuti dari Harvard untuk bekerja dengan Allen pada November 1975. Akhirnya, sebuah perusahaan kemitraan bernama Micro-Soft didirikan di Albuquerque. Pada tahun 1976, tanda hubung dalam “Micro-soft” dihilangkan dan pada tanggal 26 November 1976 nama dagang baru, “Microsoft” didaftarkan ke Departemen Luar Negeri New Mexico. Sejak berdirinya Microsoft, Gates memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya di Harvard.

Penggemar komputer akrab dengan BASIC Microsoft secara luas. Tetapi pada saat itu, Gates menemukan bahwa salinan pra-pasarnya telah bocor dan didistribusikan secara luas. Pada Februari 1976, sebagai tanggapan atas kebocoran baru-baru ini, Gates menulis “Surat Terbuka untuk Penggemar” di MITS Press yang menyatakan bahwa MITS tidak boleh memproduksi, mendistribusikan, dan memelihara perangkat lunak berkualitas tinggi tanpa membayarnya. Sayangnya tindakan Bill Gates diabaikan begitu saja oleh banyak penggemar komputer, tetapi Gates masih percaya bahwa pengembang perangkat lunak harus dapat mengisi daya.

Microsoft memisahkan diri dari MITS pada akhir tahun 1976 dan terus mengembangkan perangkat lunak bahasa pemrograman untuk berbagai sistem. Pada tanggal 1 Januari 1979, kantor pusat Microsoft dipindahkan dari Albuquerque ke Bellevue di Washington. Pada tahun-tahun awal Microsoft, semua karyawan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap bisnis perusahaan. Gates mengawasi detail bisnis dan juga menulis kodenya. Selama lima tahun pertama, Gates secara pribadi meninjau setiap baris kode yang dikirimkan oleh perusahaan dan secara teratur menulis ulang bagian kode agar terlihat benar.

Bill Gates Memulai Kemitraan dengan IBM

IBM mencoba membujuk Microsoft untuk menulis juru bahasa tipe BASIC pada 1980-an untuk rencana komputer pribadi berikutnya, IBM PC. Ketika perwakilan dari IBM mengatakan bahwa IBM membutuhkan sistem operasi, Gates merujuk ke Digital Research. Digital Research adalah pembuat sistem operasi tipe CP/M yang umum digunakan saat itu. Tetapi negosiasi antara IBM dan Digital Research tidak membuahkan hasil dan mereka tidak dapat mengamankan perjanjian lisensi.

Seorang perwakilan dari IBM bernama Jack Sams disebutkan dalam pertemuan berikutnya dengan Gates. Gates memintanya untuk menemukan sistem operasi yang cocok. Gates dapat menemukannya setelah beberapa minggu dan ingin menggunakan sistem operasi 86-DOS (QDOS). Sistem operasi QDOS sebenarnya mirip dengan CP/M. Perangkat lunak ini dibuat oleh Tim Paterson yang bekerja di Seattle Computer Products (SCP). Microsoft akhirnya membuat kesepakatan dengan SCP untuk menjadi agen lisensi eksekutifnya. Sampai saat itu mendapatkan hak sebagai pemilik mutlak 86-DOS.

Setelah memodifikasi sistem operasi agar cocok untuk PC, Microsoft mengirimkannya ke IBM sebagai PC-DOS dengan imbalan biaya sebesar US$50.000. Gates yakin produsen perangkat lunak lain akan menyalin sistem IBM. Dia melakukannya, dan penjualan MS-DOS menjadikan Microsoft pemain utama dalam industri ini. Pada tanggal 25 Juni 1981, Microsoft di bawah Gates melakukan restrukturisasi yang mengintegrasikan kembali perusahaan-perusahaan di negara bagian Microsoft dan mengangkat Gates sebagai Presiden dan Ketua Dewan Direksi Microsoft.

Microsoft Windows Bill Gates

Pada tanggal 20 November 1985, Microsoft merilis versi pertama dari Microsoft Windows. Kemudian Microsoft juga akhirnya bisa mendapatkan kesepakatan dengan IBM untuk bisa mengembangkan sebuah sistem operasi yang mampu bekerja secara terpisah yang disebut OS/2. Meskipun Microsoft dan IBM dapat mengembangkan versi pertama dari sistem ini, karena tingkat kreativitas yang berbeda, kolaborasi tersebut gagal. Gates menulis memo internal pada 16 Mei 1991. Memo ini mengakhiri kerja sama di OS/2 dan akhirnya Microsoft mengembangkan kernel Windows NT.

Pengunduran diri dari Microsoft

Bill Gates mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft pada Januari 2000. Meskipun demikian, dia tetap menjadi kepala arsitek perangkat lunak. Pada Juni 2006, Gates mengatakan akan bekerja paruh waktu di Microsoft dan penuh waktu di Bill & Melinda Gates Foundation. Dia secara bertahap memberdayakan Ray Ozzie yang menjabat sebagai kepala arsitek perangkat lunak dan juga Craig Mundie yang menjabat sebagai penelitian dan strategi top Microsoft. Hari kerja terakhir Gates di Microsoft adalah 27 Juni 2008. Saat ini, Bill Gates masih di Microsoft sebagai ketua non-eksekutif.

Demikian informasi tentang biografi Bill Gates. Biografi Bill Gates sangat penting karena dia adalah salah satu pengusaha besar dan orang terkaya di dunia dengan mendalami hobi atau kegemarannya. Selain Bill Gates, tokoh terkenal lain yang berjasa dalam dunia teknologi adalah Mark Zuckerberg dalam sejarah berdirinya Facebook, Heimholtz Hertz dalam sejarah radio, Steve Jobs dalam sejarah berdirinya Apple dan sejarah televisi pada Indonesia. Selain pakar teknologi, dunia dipenuhi tokoh-tokoh ternama, misalnya nama pendiri ASEAN.