Tak Ada Hujan, Tiba-tiba Belasan Rumah Warga Situbondo Diterjang Puting Beliung – Berita Jatim

by
Tak Ada Hujan, Tiba-tiba Belasan Rumah Warga Situbondo Diterjang Puting Beliung

Pahami.id – Puluhan rumah warga Kampung Jatisari, Situbondo hancur diterjang angin puting beliung. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (26/9) sore.

Puting beliung tersebut menerjang cukup banyak pemilik rumah yang terkena dampak puting beliung tersebut. Warga segera meninggalkan rumahnya demi keselamatan.

Kepala Pelaksana BPBD Situbondo Sruwi Hartanto mengatakan, kejadian angin puting beliung terjadi di beberapa RT di Dusun Camplok, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa.

Dari keterangan warga, angin puting beliung datang secara tiba-tiba dan menyebabkan rumah warga rusak ringan dan rusak berat, ujarnya dilansir Antara.

Sebanyak 14 rumah rusak akibat puting beliung tersebut. Rata-rata kerusakan atap rumah (genteng) dan asbes.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugiannya diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

“Setelah mendapat informasi, petugas kami langsung menuju lokasi bencana alam dan membantu membersihkan puing-puing rumah warga,” ujarnya.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa dan Muspika setempat untuk mengetahui situasi di lapangan dan mendata kebutuhan warga terdampak.

“Petugas kami di lapangan sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa dan sedang menginventarisasi rumah warga yang terkena dampak puting beliung,” kata Sruwi Hartanto.