Suriah dan Afganistan Mundur, Timnas Indonesia Pasti Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games 2022? – Berita Jatim

by
Suriah dan Afganistan Mundur, Timnas Indonesia Pasti Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games 2022?

Pahami.id – Timnas U-24 Indonesia hampir dipastikan lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022, bahkan sebelum bermain di babak penyisihan grup.

Peserta Asian Games 2022 Huangzhou China di cabang sepak bola putra berkurang, dari semula 23 kini tinggal 21. Afganistan dan Suriah tiba-tiba mundur dari turnamen tersebut.

Belum jelas alasan kedua negara mundur, menariknya Suriah dan Afghanistan berada di satu grup yaitu Grup C.

Alhasil, grup ini hanya menyisakan dua tim yakni Uzbekistan dan Hong Kong yang sama-sama akan menjalani dua laga dengan keunggulan agregat.

Tim yang menang agregat otomatis lolos ke 16 besar Asian Games 2022, lalu apa hubungannya dengan Indonesia?

Tersingkirnya dua tim dari Grup C memberikan keuntungan tersendiri bagi Tim Nasional U-24 Indonesia, terkait klasemen grup.

Skuat asuhan Indra Sjafri ini tak perlu khawatir untuk mengincar kemenangan di grup karena peringkat ketiga sudah cukup untuk melaju ke babak selanjutnya.

Sebelum Afghanistan dan Suriah mundur, hanya juara grup dan runner-up yang diberi tiket lolos ke babak 16 besar turnamen tersebut.

Setelah kedua negara memastikan mundur, hanya ada 11 tim yang lolos otomatis dari babak penyisihan grup.

Selanjutnya runner-up grup C tidak akan lolos ke babak selanjutnya karena grup tersebut hanya berisi 3 tim sehingga akan diikutsertakan dalam perebutan peringkat ketiga terbaik.

Nantinya ada lima tempat terbaik yang mendapatkan tiket ke babak 16 besar, oleh karena itu peluang skuad Garuda Muda untuk lolos sangat besar.

Timnas U-24 Indonesia tergabung di Grup F bersama Korea Utara, Kyrgyzstan, dan Taiwan. Laga pertama fase grup dimulai hari ini, Selasa (19/9/2023).

Tim asuhan Indra Sjafri akan menghadapi Kyrgyzstan terlebih dahulu sebelum bertemu Korea Utara dan tentunya tim terlemah, Taiwan.

Kontributor: Eko