Sunan Kalijaga Polisikan dr Richard Lee dalam Kasus Penistaan Agama – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sunan Kalijaga dan Ikatan Advokat Indonesia melaporkan Dr Richard Lee ke polisi. Sunan melaporkan dokter yang juga selebritis itu karena penistaan ​​agama.

Laporan yang dilontarkan Sunan Kalijaga ini terkait dengan isi podcast Dr Richard Lee berjudul “Korban Banyak?! Jhon LBF Dituduh Selingkuh 1,8M?! Akting Kaya?!”. Selain Dr Richard, Sunan juga melaporkan pengacara Arif Edison yang menjadi bintang tamu di podcast tersebut.

Sunan Kalijaga melaporkan Richard Lee dan Arif Edison karena Arif dianggap di sana menyandingkan firman Tuhan, “Kun Faya Kun” dengan “sim salabim”.

“Di sana firman Tuhan dipasangkan atau digabung dengan bim salabim. Jelas bahwa firman Tuhan adalah sesuatu yang tidak bisa dibandingkan dengan bahasa sim salambim atau mantra buatan manusia,” kata Sunan Kalijaga usai mewartakan, mengutip dari seorang video. Unggahannya di Instagram, Kamis (7/4/2023).

Dalam kasus ini, Sunan Kalijaga menuding Dr Richard Lee dan Arif Edison melanggar UU ITE Pasal 28 Ayat 2 juncto Pasal 45 dan Pasal 156 A KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun.

Laporan polisi Sunan Kalijaga terhadap Dr Richard Lee pun mendapat banyak komentar dari warganet. Netizen menganggap tindakan Sunan terlalu ekstrim.

“Itu bukan penistaan, Islam tidak mengajarkan perbuatan arogan dan emosional seperti ini,” kata @qorryselvi ***.

“Dulu tidak ada somasi kan? Atau peringatan apapun. Kok tahu dia tidak berniat menghina Islam,” kata akun @ferdriberdo***.

“Ya kebanyakan orang beragama, tidak berani turun tajam Pak Pengacara, hanya karena mayoritas juga banyak tindakan menghina agama lain, diam saja karena mayoritas menentang,” tambah akun @suroto***.

“Saya kira dua orang itu tidak paham Islam, jadi tidak ada niat untuk menistakan agama. Tapi saya kira orang itu dilaporkan berada di kubu Ono, hahaha,” komentar @kokori! ***.

Ada dugaan, laporan Sunan Kalijaga terhadap Dr Richard Lee dan Arif Edison bukan semata-mata akibat kasus penistaan ​​agama. Seperti diketahui, dalam podcast yang dilansir Sunan, Dokter Richard dan Arif Edison membahas bisnis Jhon LBF yang banyak kejanggalan. Jhon LBF adalah nasabah Sunan Kalijaga.