Sukses Taklukkan Turkmenistan di Surabaya, Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Tiga Tingkat – Berita Jatim

by
Sukses Taklukkan Turkmenistan di Surabaya, Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Tiga Tingkat

Pahami.id – Timnas Indonesia sukses mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 pada laga FIFA Match Day di Stadion Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023) malam WIB. Berkat kemenangan ini, skuad Garuda naik tiga tingkat di peringkat FIFA.

Dendy Sulistyawan membuka dua gol timnas Indonesia pada menit ke-19. Kemudian Egy Maulana Vikri melengkapi kemenangan di menit-menit terakhir jelang laga.

Timnas Indonesia tampil dengan formasi 3-4-3 pada laga kali ini. Namun di pertengahan pertandingan, pelatih Shin Tae-yong mengubahnya menjadi 4-4-2.

Perubahan taktik yang dilakukan Shin Tae-yong ternyata sangat menarik. Meski Turkmenistan memberikan beberapa ancaman, skuad Merah Putih relatif menguasai pertandingan ini.

Kemenangan ini sangat penting bagi timnas Indonesia untuk melonjak di peringkat FIFA.

Mengutip Footy Ranking di Twitter, hasil tersebut secara matematis membuat Timnas Indonesia naik tiga peringkat ke peringkat 147 ranking FIFA.

Timnas Indonesia memperoleh tambahan 5,41 poin dari kemenangan ini yang membuat skuad Garuda mengumpulkan 1.052,87 poin. Artinya, Timnas Indonesia melintasi dua negara Afrika, Liberia dan Botswana.

Berada di peringkat 149, Hong Kong juga berpotensi mencetak banyak poin di Match Day FIFA ini karena lawan mereka hanya Kamboja dan Brunei Darussalam.

Liberia dijadwalkan menghadapi Maroko di Kualifikasi Piala Afrika 2023 yang sedang berlangsung, kekalahan sudah di depan mata.

Kemudian Botswana akan melawan Tunisia, juga di ajang yang sama kedua tim diprediksi akan menjadi andalan.

Sedangkan Turkmenistan yang sebelumnya berada di peringkat 138 diperkirakan turun dua peringkat ke peringkat 140 karena kehilangan 5,41 poin sehingga total skornya menjadi 1.084,37 poin.