Sukses Digelar Lewat Dukungan Berbagai Pihak, Jatim Media Summit 2023 Diakui Sangat Bermanfaat dan Membuka Wawasan – Berita Jatim

by
Sukses Digelar Lewat Dukungan Berbagai Pihak, Jatim Media Summit 2023 Diakui Sangat Bermanfaat dan Membuka Wawasan

Pahami.id – Rangkaian kegiatan West Java Media Summit 2023 (JMS 2023) yang diprakarsai Pahami.id, Beritajatim.com bersama International Media Support (IMS), berakhir dan ditutup Kamis (25/5) lalu. Ajang berkumpul, berbagi dan berdiskusi para pengelola media digital se-Jawa Timur dan sekitarnya juga mendapat banyak tanggapan positif.

Acara dibuka secara resmi oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada Rabu (24/5/2023) siang, dan ditutup oleh Wakil Gubernur Jatim Emir Elestianto Dardak pada Kamis (25/5/2023) siang. memang meninggalkan banyak dampak bagi peserta tertentu.

Salah satunya disampaikan redaktur Suarasurabaya.net, Iping Supingah, kepada Beritajatim.com. Menurutnya, dalam acara yang digelar di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya ini, banyak ilmu yang dibagikan para narasumber yang terkait langsung dengan pengelolaan media sehari-hari.

Sesi konferensi pembukaan West Java Media Summit 2023, Rabu (24/5) di Surabaya yang menghadirkan pembicara Sapto Anggoro, Amir Suherlan (tengah), serta Ajar Edi dan Yuswohady (hadir online), dengan moderator Eva Danyanti (kanan).

“Langsung kena itu lho, dan langsung kepikiran, ‘Oh ya bisa begini kan, untuk dapat uang harus begini,’” kata Iping sambil mengakui banyak materi yang didapat bisa menambah wawasan dan bisa langsung jadi. dipraktikkan.

Chief Executive Officer (CEO) Disway.id, Tomy C Gutomo mengatakan hal senada. Tommy yang mengundang beberapa stafnya mengaku banyak ilmu yang diperolehnya di forum ini. “Keren forumnya,” katanya.

“Ini sangat menambah wawasan, menambah networking, dan membuka peluang-peluang baru. Saya senang, dan setelah ini kita masih bisa follow up di forum ini,” jelas Tomy.

Begitu juga dengan penulis TimesIndonesia.co.id, Wahyu Nurdiyanto, yang menilai West Java Media Summit menjadi pertemuan yang sangat penting, terutama untuk keberlangsungan pemberdayaan media di Jawa Timur dalam menghadapi perkembangan teknologi dan dunia industri.

“Pertemuan ini perlu dilanjutkan. Misalnya ada pengarahan tertentu dari para pemangku kepentingan industri media, bagaimana mengajarkan kita media lokal ini untuk menjadi lebih baik, baik dari [segi] Infrastruktur IT, redaksional, SDM, sampai akhir bagaimana kita bisa menghasilkan income yang baik selain menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas,” ujar Wahyu.

Maklum, acara JMS 2023 yang berlangsung selama satu setengah hari itu sendiri berisi dua konferensi atau diskusi panel, beberapa workshop, talkshow, serta coaching dan networking clinic. Untuk topik yang disajikan atau dibahas, mulai dari Peluang dan Tantangan Bisnis Media di Jawa Timur: Sekarang dan Masa Depan (Manajemen, Bisnis, Konten, Teknologi); Optimalisasi Media Sosial dan Distribusi Konten untuk Media Lokal; serta Teknologi untuk Media Lokal.

Juga akan ada sesi Menggali Pendapatan Digital dari Platform Ad Native, Produksi Video Kreatif untuk Media Sosial; Tingkatkan Traffic dengan SEO untuk Media Lokal; Kanvas Model Bisnis untuk Media Lokal; hingga diskusi Membangun Ekosistem Media Digital di Jawa Timur.

Beberapa pembicara penting dan ternama juga hadir mengisi rangkaian kegiatan JMS 2023. Diantaranya Sapto Anggoro (dari Press Room), Ajar Edi (Microsoft Indonesia), Amir Suherlan (Wavemaker Indonesia/GroupM), dan Yuswohady ( Penemuan). Ada juga Heru Tjatur (ICT Watch), Lalu Triyadi (Huawei Cloud Indonesia), Aliefah Permata Fikri (MGID), juga Eva Danayanti (International Media Support) dan Asep Saefullah (Pahami.id).

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak berfoto bersama CEO Pahami.id Suwarjono, CEO Beritajatim.com Dwi Eko Lokononto, serta tamu dan peserta East Java Media Summit 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/5).  /2023), setelah sesi penutupan. [Dok. JMS 2023]
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak berfoto bersama CEO Pahami.id Suwarjono, CEO Beritajatim.com Dwi Eko Lokononto, serta tamu dan peserta East Java Media Summit 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/5). /2023), setelah sesi penutupan. [Dok. JMS 2023]

Lainnya, hadir pula Subagja Hamara (Harapan Rakyat), Dimas Sagita (Pahami.id/Nexus), Kenasti Arninta Putri (Digital Creator), Ika Fransisca (USAID), Iramdani (Arkadia Production), Ari Suprayogi (Warta Bromo), Deasy Sekar Tanjung Sari (USAID), serta pembicara sesi penutup diskusi yakni Sherlita Agustin (Kadiskominfo Jatim), Arief Rahman (AMSI Jatim), Ulika Trijoga Putrawardana (Pertamina), dan Retna Apsari (FTMM Unair).

Kelancaran dan kesuksesan acara ini tidak lepas dari dukungan banyak pihak. Sehubungan dengan itu, Pahami.id dan Beritajatim.com selaku penyelenggara juga merasa bersyukur dan berterima kasih atas dukungan penuh dari pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, mulai dari IMS sebagai mitra startup, serta dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Universitas Airlangga, Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur, serta USAID Indonesia melalui program IUWASH.

Begitu juga dengan mitra swasta lainnya yang meliputi MGID, Bank Danamon, Bank BCA, Sinarmas, HM Sampoerna, Djarum Foundation, Mandiri Utama Finance, PGN Saka, Exxon Mobile Cepu Limited, PEP Zon 11, PEPC JTB, Kangean Energi Indonesia, Gudang Garam, HCML, Medco Energi, MBGI, Eyelink Group & KMU Eye Clinic, dan Aqua.

Tentunya yang tidak kalah disyukuri dan diapresiasi oleh pihak penyelenggara adalah kehadiran dan partisipasi aktif dari hampir 150 peserta East Java Media Summit 2023 itu sendiri. Dimana tidak hanya media digital yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, namun ada juga yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, bahkan dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua yang hadir secara online.

Penyumbang : Dimas Angga Perkasa