Sinopsis Jiwa Jagad Jawi, Film Pariwisata Indonesia yang Borong 4 Penghargaan di JWTFF 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kabar membanggakan datang dari industri perfilman Indonesia. Film Jiwa Jagad Jawi meraih empat penghargaan di Japan World Tourism Film Festival (JWTFF) 2023.

Empat penghargaan yang diraih Jiwa Jagad Jawi adalah Gold Award kategori Asian Competition, Gold Award kategori National Destination, Art & Craft Winner dan Grand Prix Winner 2023 yang merupakan penghargaan tertinggi.

Jiwa Jagad Jawi adalah film pariwisata yang diproduksi untuk mengajak penonton memahami kemegahan candi-candi di Jawa. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Ivan Handoyo.

Film Jiwa Jagad Jawi ditayangkan melalui kanal YouTube Wonderful Indonesia pada awal Februari 2022. Meski tidak terlalu viral, film berdurasi 8 menit 11 detik itu berhasil meraih decak kagum masyarakat internasional.

Jadi seperti apa ceritanya? Berikut sinopsis film Jiwa Jagad Jawi yang meraih empat penghargaan di JWTFF 2023.

Sinopsis Film Jiwa Jagad Jawi

Sinopsis film Jiwa Jagad Jawi (YouTube Wonderful Indonesia)

Jiwa Jagad Jawi bercerita tentang seorang peziarah muda yang diperankan oleh Putu Bulan. Ia melakukan perjalanan budaya dan spiritual di Jawa. Dalam prosesnya, Putu memperoleh kesadaran luhur di tanah Jawa.

Dalam film ini, Candi Borobudur menjadi episentrum gempa yang dipandang sebagai perjalanan kosmis manusia dalam tataran kesadaran menuju perjalanan menemukan kedamaian yang agung, bukannya terikat pada satu agama dan kepercayaan saja.

Menangkan Penghargaan di JWTFF 2023

Sinopsis film Jiwa Jagad Jawi (YouTube Wonderful Indonesia)
Sinopsis film Jiwa Jagad Jawi (YouTube Wonderful Indonesia)

Jiwa Jagad Jawi masuk dalam 1.286 film dari 105 negara yang mengikuti JWTFF, sebuah festival yang bertujuan untuk mengagungkan dunia pariwisata dari berbagai negara. Tak hanya masuk nominasi, film ini mampu menyabet empat penghargaan bergengsi.

JWTFF merupakan festival hasil kerjasama dengan Universitas Wakayama dan International Committee for Tourism Film Festivals (CIFFT). Ada sembilan juri yang berasal dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Jiwa Jagad Jawi menang dalam empat kategori, sehingga film ini berpeluang besar meraih rating tinggi di CIFFT. Panitia film pariwisata menentukan film promosi pariwisata terbaik dunia setiap tahunnya.

Mengapa Menyaksikan Jiwa Jagad Jawi

Sinopsis film Jiwa Jagad Jawi (YouTube Wonderful Indonesia)
Sinopsis film Jiwa Jagad Jawi (YouTube Wonderful Indonesia)

Jiwa Jagad Jawi digarap dengan riset murni oleh Ivan, sebagai sutradara dan penulis skenario. Proses pendeteksian dan penelitian dilakukan di bawah bimbingan penasehat budaya Jawa, Bagyo Indrijanto dan Dian Kusumaningtyas.

Ivan juga melibatkan maestro di bidangnya, seperti musisi Viki Sianipar sebagai music director. Viki mampu membuat setiap adegan dalam film tersebut terlihat indah dengan komposisi musik yang mengagumkan.

Setiap adegan di Jiwa Jagad Jawi terlihat begitu estetik. Hal ini tak lepas dari peran Ong Hariwahyu sebagai art designer. Tokoh utama Putu Bulan adalah seorang artis dan model asal Bali yang memerankan karakternya secara lengkap.

Itulah sinopsis film Jiwa Jagad Jawi yang sukses membanggakan dunia akting dan pariwisata Indonesia. Jika Anda belum menontonnya, klik saja di sini.

Kontributor: Chusnul Chotimah