Setuju dengan Ganjar, Prabowo Sebut Tidak Hanya Ngomong-ngomong – Berita Jatim

by
Setuju dengan Ganjar, Prabowo Sebut Tidak Hanya Ngomong-ngomong

Pahami.id – Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menanggapi jawaban calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat menyikapi gagasan hubungan internasional dengan menjalin kerja sama dengan negara-negara di kawasan Selatan.

Prabowo yang juga Menteri Pertahanan sependapat dengan Ganjar. “Bagaimana saya bisa sependapat dengan Pak Ganjar? Itu bukan omong kosong belaka,” ucapnya.

Katanya, dia setuju dengan jawaban Ganjar, karena apa yang disampaikan memang masuk akal. “Kalau memang masuk akal aku setuju, kalau kita ngobrol ya kita ngobrol ya?” dia berkata.

Menurutnya, kepemimpinan baik negara maupun individu harus melalui keteladanan. Anda tidak bisa menjalankan agenda nasional hanya dengan cerita.

“Jadi kepemimpinan, baik negara, individu, harus memimpin dengan memberi contoh, kita memimpin, kita ingin membawa agenda, cerita, kenapa kita tidak? Mengapa negara-negara selatan melirik Indonesia? Karena kita punya berhasil mengembangkan perekonomian kita,” tuturnya.

Prabowo kemudian menyinggung soal pemimpin yang perlu memberi contoh dengan kerja nyata. “Jadi tidak bisa bekerja hanya dengan bicara, ingarso sungtulodo,” ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo mengutarakan gagasan kerja sama dengan negara-negara Selatan dalam hubungan internasional.

Hal itu disampaikannya dalam debat capres ketiga pada Minggu (7/1/2024). Katanya, hal utama dalam hubungan internasional harus memperkuat perekonomian dalam negeri Indonesia. Caranya dengan menjaga, mengelola, dan menghilirkan aset negara.

Dengan mengumpulkan aset dan keuangan baru, mereka akan dihormati di negara-negara, misalnya di Selatan.