Setara 9 Unit Mobil Milik Jokowi – Berita Jatim

by
Seperti Suara Presiden Jokowi, Beberkan Makna Nama Gibran

Pahami.id – Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menurut informasi Kementerian Pendidikan, merupakan lulusan Singapura. Gibran diketahui merupakan lulusan dua kampus di Singapura, salah satunya Management Development Institute of Singapore (MDIS).

Gibran sempat menunjukkan ijazahnya kepada awak media pada 20 November 2023. Hal itu ia lakukan saat viral postingan yang mempertanyakan latar belakang pendidikan Gibran dari akun @DokterTifa.

Saat menunjukkan ijazahnya, Gibran menunjukkan ijazah dari University of Bradford dan surat keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tentang keputusan Penilaian Kesetaraan Ijazah Lulusan Universitas Asing atas namanya.

Pada ijazahnya tertulis Gibran menyelesaikan program studi pada jenjang Bachelor of Science dengan predikat predikat kelas dua divisi dua jurusan Pemasaran.

Usai menyelesaikan pendidikan di jenjang sekolah menengah, Gibran diketahui melanjutkan studi di MIDS. Dikutip dari situs resminya, MIDS merupakan salah satu institusi pendidikan tertua di Singapura.

MIDS memiliki beberapa program studi untuk calon mahasiswa, seperti Teknik, Teknologi Informasi, Bisnis dan Manajemen, Desain Fashion, Ilmu Kesehatan dan Hayati, Media dan Komunikasi, Manajemen Perjalanan, Pariwisata dan Perhotelan, serta Psikologi.

Merujuk data Webometrics World University tahun 2017-2018, kampus Gibran menduduki peringkat ke-15 di Singapura. Sebagai salah satu kampus tertua dan terbaik di Singapura, berapa biaya kuliah di sana?

Jika menilik dari ican-education, untuk bisa kuliah di MIDS, calon mahasiswa juga perlu memperhatikan biaya hidup, bukan sekedar biaya kuliah.

Perkiraan biaya hidup calon mahasiswa saat kuliah di MIDS adalah sekitar 8.238 dollar Singapura dengan rata-rata akomodasi 8.400 dollar Singapura.

Sedangkan biaya kuliah di MIDS dibagi menjadi beberapa tingkatan. Misalnya biaya diploma bisa mencapai 107 dolar Singapura, sedangkan biaya diploma pascasarjana sekitar 160,50 dolar Singapura.

Gelar Master seharga 160,50 dolar Singapura dan gelar Doktor seharga 214 dolar Singapura.

Jika dihitung total biaya hidup dan biaya kuliah, perkiraan biaya kuliah di MIDS bisa mencapai 8345 dolar Singapura atau setara dengan Rp 97.744.985 (1 dolar Singapura saat ini setara dengan Rp 11.713).

Merujuk perkiraan biaya keseluruhan, nilai 97 juta setara dengan 9 mobil milik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dikutip dari data LHKPN, Jokowi memiliki mobil Suzuki Pick Up tahun 1997 seharga Rp 10.000.000.