Serunya Anies, Prabowo, dan Ganjar ‘Ikut’ Gelut Pethol di Pantai Kelapa Tuban – Berita Jatim

by
Serunya Anies, Prabowo, dan Ganjar 'Ikut' Gelut Pethol di Pantai Kelapa Tuban

Pahami.id – Adegan unik tersaji pada lomba Gulat Pathol yang digelar di Pantai Kelapa, Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Ada Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo yang turut serta dalam pertarungan tersebut.

Namun, bukan ketiga calon tersebut yang maju sebagai calon presiden (capres). Sebaliknya, para peserta mengenakan masker bergambar Anies, Prabowo, dan Ganjar.

Gelut Pathol merupakan budaya tradisional khas nelayan pesisir Jawa. Peserta dibekali kain sarung yang digulung, kemudian diikatkan di pinggang. Setelah itu, kedua kontestan saling bertarung sengit.

Sarung yang diikatkan di pinggang digunakan sebagai pegangan untuk mengangkat atau membanting lawan.

Puluhan peserta mengikuti acara tersebut. Gulat pathol menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Pantai Kelapa. Warga yang datang tertawa terbahak-bahak saat melihat para kontestan berkelahi.

Ketua Panitia Pipiet Wibawanto berharap tahun depan kegiatan ini bisa lebih meriah lagi. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan mensukseskan acara ini, ujarnya, dikutip dari Ketik.co.id–jaringan Pahami.id, Senin (14/11/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Disbudporapar Tuban, Umi Hanik berharap kegiatan budaya seperti ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

“Pariwisata tidak bisa berjalan sendiri tanpa kerja sama. Disbudporapar sangat mendukung kegiatan seperti ini,” kata Umi.

Ia yakin kegiatan seperti ini bisa menjadi wadah untuk melestarikan kearifan lokal. “Tentunya perlu dikemas dengan lebih baik dan ditambah keterlibatan masyarakat. Hal ini sebagai bentuk kesiapan kedatangan wisatawan ke tempat wisata,” kata Umi.

Mereka sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Ia mengaku sudah beberapa kali menggelar roadshow ke beberapa tempat, terutama yang belum berkembang.