SBY Pernah Menjadi Anak Band, Tampil di Alun-Alun Pacitan Saat Hari Kemerdekaan – Berita Jatim

by
SBY Pernah Menjadi Anak Band, Tampil di Alun-Alun Pacitan Saat Hari Kemerdekaan

Pahami.id – Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini ternyata pernah menjadi anggota band saat masih muda. Ia pernah mengorganisir sebuah band bersama teman-temannya di kampung halamannya di Pacitan.

Bahkan band SBY pernah manggung di panggung perayaan HUT RI di Dataran Pacitan.

Diorama SBY saat masih menjadi boyband menjadi salah satu koleksi Museum SBY-ANI yang diresmikan pada Kamis (17/8/2023).

Dalam deskripsi diorama tersebut tertulis SBY dan kawan-kawan bermain band di Dataran Pacitan dalam rangka Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 1967.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat itu mengatakan, Museum SBY-ANI tidak hanya menampilkan kisah masa mudanya di Pacitan, tetapi juga dedikasinya untuk negara. Ada juga galeri seni di dalamnya.

“Kebanyakan merupakan karya seniman Indonesia. Ada juga lukisan saya, serta fotografi karya ibu Ani. Kami memiliki cita-cita menjadi bagian dari seni dan budaya untuk menjadikan Indonesia lebih indah dan damai. Kehadiran seni akan membawa kedamaian, ketentraman, dan keharmonisan antar umat manusia,” ujar SBY dalam siaran pers yang diterima, Kamis (17/8/2023).

Ia berharap museum ini dapat membawa rahmat dan kebaikan bagi masyarakat Pacitan, Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya.

Selain itu, juga dapat menginspirasi generasi muda. “Untuk mencapai tujuan besar, tidak ada cara mudah, tidak ada resep ajaib. Tapi dengan prinsip dan jalan pilihan yang tepat, selalu ada jalan dan solusi,” lanjut SBY.

Museum & Galeri SBY-Ani resmi dibuka untuk umum mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Harga tiket masuk (HTM) tersebut termasuk, bagi warga Pacitan cukup membayar hanya Rp 25.000 untuk sekali masuk.

Sedangkan turis lokal di luar Pacitan dikenai biaya Rp 50.000, dan HTM untuk turis asing Rp 100.000.