Sayur Lodeh Istana dalam Pertemuan Jokowi-Mega – Berita Jatim

by
Sayur Lodeh Istana dalam Pertemuan Jokowi-Mega

Pahami.id – PDI Perjuangan kerap menjawab semua persoalan dengan menggunakan bahasa simbolik. Termasuk saat Jokowi-Mega bertemu. Presiden dan pimpinan PDI Perjuangan bertemu dalam jamuan makan malam di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (18/03/2023).

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, pertemuan Jokowi-Mega memiliki makna yang dalam. Makanan yang disajikan juga bermakna. Dimana pada pertemuan tersebut disajikan menu sayur lodeh yang enak.

Hasto menjelaskan bagaimana sayur lodeh memiliki makna dan filosofi tertentu bagi Indonesia yang kaya akan rasa termasuk sayur lodeh. Menurutnya, lodeh merupakan makanan yang istimewa karena Bung Karno biasa memakannya saat adu fisik.

“Lodeh ini merupakan masakan yang istimewa, karena dulu ketika Bung Karno mencobanya saat konfrontasi fisik, Puan Fatmawati pernah mengadakan lomba masak untuk mencari tahu siapa juru masak terbaik yang bisa memasak lodeh,” kata Hasto saat ditanya wartawan. di Hotel Vasa Surabaya di sela-sela pelantikan DPD Taruna Merah Putih (TMP) Jawa Timur, Minggu (19/3/2023).

“Sayuran lodeh ini menjadi simbol ketika menghadapi berbagai tantangan, disitulah esensi simbolisasi keselamatan dilakukan,” tambah Hasto dikutip dari beritajatim.com, jaringan media suara.com.

Terkait pertemuan itu, kata Hasto, suasana berjalan lancar dan penuh keakraban. Pertemuan antara Presiden Jokowi dan Megawati digelar rutin.

“Pertemuan berjalan dengan sangat baik. Membahas hal-hal strategis, tidak hanya masalah negara saat ini, dinamika politik saat ini, tetapi juga arah ke depan,” ujar Hasto.

Pertemuan antara Megawati dan Presiden Jokowi juga membahas pemilihan presiden dan tingkatannya. Dimana masih ada waktu bagi pihak untuk menentukan nomor yang akan dibawa.

“Masih ada waktu, buat apa ada KPU yang sudah menentukan tahapan pilkada kalau kita tidak percaya pada KPU. Dan mengikuti KPU bulan September (menetapkan capres),” ujar Hasto.

Hasto juga memastikan Ketua Umum PDIP Megawati mengambil keputusan yang tepat terkait capres dan cawapres. Dan, pemilu 2024 juga akan digelar. Apalagi, kemarin ada pertemuan antara Megawati dan Presiden Jokowi.

“Kemarin diawali dengan dialog. Bayangkan dua jam tatap muka antara Ibu Mega dan Bapak Presiden Jokowi. Pasti mereka membahas hal-hal yang serius,” kata Hasto.