Saat Body Cheking, Finalis Miss Universe Diintip Bagian Intimnya, Diminta Ngangkang, dan Dibentak Panitia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Finalis Miss Universe Indonesia 2023, R, L, dan J menceritakan pelecehan seksual yang dialami saat body checking oleh tim panitia. Mereka diminta body checking di tengah jadwal fitting baju untuk malam grand final Miss Universe Indonesia 2023.

J menjadi finalis pertama yang melakukan body checking. Ia mengaku disuruh foto topless.

“Saya finalis yang pertama body checking, pas saya masuk ke dalam bilik kayu, saya disuruh lepas busana dan pakaian dalam bagian atas. Saya kaget dan syok karena ruangan sempit dan banyak orang, ada beberapa pria juga,” cerita J dikutip dari tangan Pagi-Pagi Ambyar, Rabu (9/8/2023).

J sempat menutupi bagian intimnya namun dibentak. J akhirnya menurut karena takut. Namun, makin parah ia juga diminta pose mengangkat kaki hingga terlihat bagian intim bawah.

“Di situ saya disuruh angkat kaki satu dilihat bagian (tubuh) bawahnya. Ada body shaming. Itu (kena) mental banget,” sambungnya.

Sementara R, finalis lainnya mengatakan setiap finalis mengalami pengalaman yang berbeda saat body checking. R Sendiri diminta foto vulgar dengan mengangkang.

“Saya dipaksa menanggalkan baju, melakukan beberapa pose, salah satu pose (maaf) ngangkang,” ungkap R.

Tak berhenti di situ, R diminta berputar tanpa busana atas. Bahkan, celana dalam yang ia pakai sampai diintip.

“Saat saya diminta berputar, bagian celana dalam saya diintip dan itu saya merasa risih. Dalam posisi tekanan seperti itu saya bingung,” sambungnya.

R merasa bingung untuk pergi dari momen itu. Pasalnya, ada banyak orang yang juga melihat momen itu.

“Saat masuk ke ruang fitting cuma dibatasi bilik kayu, banyak orang dan ada orang yang enggak punya kepentingan juga ada di situ, enggak cuma perempuan, tapi laki-laki,” jelasnya.

Mirip dengan R dan J, L juga mengaku kena body shaming. Menurut L, ia dan beberapa finalis yang difoto bareng memiliki bekas luka atau tato.

“Waktu itu saya difoto pas saya masuk ke bilik ada dua laki-laki dan empat perempuan. Saya hanya pakai pakaian dalam bagian bawah. Ada lima (finalis) yang difoto, masing-masing dari kami memang memiliki bekas luka, saya memang ada tato di tubuh saya,” terangnya.

Sebelumnya, berita soal finalis Miss Universe Indonesia 2023 difoto bugil ramai diperbincangkan usai Sally Giovanny, selaku Province Director Miss Universe Indonesia 2023 Bali mengunggah pernyataan tidak terima atas tindakan itu ke Story Instagram-nya. 

Karena itu Sally bersama perwakilan finalis dan kuasa hukumnya sudah mendatangi Polda Metro Jaya pada Senin (7/8/2023) untuk membuat laporan atas dugaan tindak pelecehan seksual.