RPH Surabaya Datangkan Belasan Sapi Jumbo Permintaan Wali Kota Eri Cahyadi – Berita Jatim

by
RPH Surabaya Datangkan Belasan Sapi Jumbo Permintaan Wali Kota Eri Cahyadi

Pahami.id – RPH Surabaya memenuhi permintaan Walikota Eri Cahyadi untuk sapi jumbo. Puluhan bibit sapi premium telah disiapkan untuk kurban Idul Adha 1444 Hijriah.

Sapi kurban seberat 950 kilogram hingga lebih dari 1 ton didatangkan dari berbagai daerah di Jawa Timur antara lain Blitar, Malang, Jember, Jombang, dan Madura.

Direktur Utama PD RPH Surabaya Fajar Arifianto Isnugroho mengatakan sapi-sapi tersebut sudah tiba pada Senin pagi (26/06/2023).

“Ada 4 sapi yang beratnya lebih dari 1 ton. Itu adalah sapi limosin asal Malang dengan berat 1.062 kg. Sapi Simmental asal Malang dengan berat 1050 kg. Seekor sapi Simmental dari Blitar dengan berat 1050 kg, dan seekor sapi Pegon Simmental dari Blitar dengan bobot hidup 1020 kg,” ujarnya usai menerima kunjungan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan ibunda Rini Indriyani, Selasa (27/6/2023).

Selain itu, ada belasan sapi besar lainnya dengan berat 950 kg hingga 990 kg jenis Limousin, Simmental, Pegon Hitam, dan Pegon Simmental yang didatangkan dari peternak di Jember, Blitar, Jombang, dan Madura.

Fajar mengatakan, jika sapi tersebut diminta oleh Eri Cahyadi, RPH akan didistribusikan secara bertahap ke beberapa wilayah mulai Selasa kemarin.

Ia mengatakan, sebagian sapi juga diminta dibeli oleh BUMD, dinas, dan OPD Pemkot Surabaya.

Sementara itu, Walikota Surabaya meninjau lumbung RPH di Jalan Pegirikan 258, untuk memastikan kesiapan RPH Surabaya sebagai tempat pemotongan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1444 H.

“Walikota memastikan RPH menyediakan hewan kurban yang terbaik, sehat, dan sesuai syar’i untuk disembelih pada hari raya Idul Adha dan menyediakan layanan pemotongan hewan kurban mulai 28 Juni hingga 2 Juli 2023,” ujarnya.

Kontributor: Dimas Angga Perkasa