Ratusan UMKM Binaan BRI Siap Mejeng di Sarinah hingga 3 Desember – Berita Jatim

by
Ratusan UMKM Binaan BRI Siap Mejeng di Sarinah hingga 3 Desember

Pahami.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan upaya nyata untuk mendorong pelaku UMKM, salah satunya melalui partisipasi BRI dalam “Pasar UMKM untuk Indonesia” di Ruang Rubanah dan Lantai Dasar Sarinah yang akan berlangsung mulai 30 November. hingga 3 Desember 2023.

Kegiatan bazar UMKM ini merupakan wujud nyata dan komitmen Kementerian BUMN dan BUMN yang terlibat dalam pemberdayaan UMKM di seluruh Indonesia. Melibatkan total 218 UKM dimana 136 di antaranya merupakan mitra BRI. Selain itu, bazaar ini juga menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk memperluas pasarnya, baik secara offline maupun online melalui PaDi UMKM sehingga dapat memperluas jangkauan B2B (Business to Business).

Nantinya, Kementerian BUMN selaku penyelenggara kegiatan Bazaar UMKM 2023 untuk Indonesia akan memberikan penghargaan dalam 3 kategori yaitu UMKM dengan Nilai Transaksi Terbesar, UMKM dengan Frekuensi Transaksi Tertinggi, dan UMKM Paling Difavoritkan.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Program Bakti BUMN yang merupakan komitmen Kementerian BUMN terhadap pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi dan sosial. Pengembangan UMKM merupakan salah satu prioritas Bakti BUMN yang diwujudkan melalui “Pasar UMKM untuk Indonesia”.

Terkait hal tersebut, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan, Bazar UMKM Untuk Indonesia merupakan upaya BUMN termasuk BRI untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat Indonesia.

“Acara ini merupakan inisiatif untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM sehingga dapat dibangun usaha yang berkualitas,” ujarnya.

Menurutnya, penting untuk memahami proses pemberdayaan pelaku UKM. Pertama, menuju modern, dimana diberikan pelatihan dan bimbingan mengenai proses penciptaan merek, branding, pengemasan, standarisasi produk, serta manajemen dan akuntansi bisnis sederhana.

Lalu go digital pada digitalisasi dasar, aplikasi digital hingga media sosial dasar. Proses ketiga adalah secara online, dimana pelaku UMKM mendapatkan pelatihan dan pendampingan terkait periklanan media sosial, pemasaran, serta pembuatan website dan konten digital. Terakhir adalah go global dimana UKM didorong untuk siap mengekspor.

Sementara itu, sambil menjelajahi berbagai produk inovatif-kreatif unggulan UMKM dari berbagai daerah, pengunjung yang telah memiliki akun di padiumkm.id dapat memanfaatkan voucher belanja senilai Rp25.000 hingga Rp200.000 dan berkesempatan memenangkan total hadiah Rp25.000 hingga Rp200.000. Hadiah 200 juta.

Beragam produk unggulan hadir di zona yang terdiri dari Produk Kuliner, Kecantikan, Kerajinan dan Fashion. Zona Kuliner menampilkan berbagai pilihan produk makanan dan minuman kemasan mulai dari kue, snack, manisan, keripik, acar, kopi, siomai coklat, batagor hingga berbagai jenis sambal. Beauty Zone menampilkan produk-produk pilihan. Bazaar ini menampilkan berbagai pilihan sabun mandi dan sampo serta produk perawatan pribadi.

Craft Zone menghadirkan berbagai pilihan tas, dompet, ikat pinggang kulit dan tenun, bros dan kalung, anting, kalung dan cincin serta pouch, tas dan tempat tisu batik. Sedangkan Fashion Zone menampilkan berbagai pilihan busana batik, tenun, ecoprint, jilbab, kebaya, serta berbagai produk sepatu.

Bazaar juga dimeriahkan dengan penampilan spesial dari bintang tamu Tiara Andini, komedian kondang Ridwan Remin serta hiburan musik live dari Running Circle Band dan East Pablo Band. Bersamaan dengan kegiatan bazar tersebut, juga dilaksanakan berbagai Fun Games & Trivia Quiz, Demo Produk oleh UKM, Workshop Dekorasi Kue, Workshop Pembuatan Parfum Padat, Workshop Macrame dan Sosialisasi Budaya, serta pembuatan Boneka Janur oleh Museum Boneka.