Program Kartu Prakerja 2024 Kembali Dibuka, Siapkan Persyaratan Ini dan Catat Cara Daftarnya! – Berita Jatim

by
Program Kartu Prakerja 2024 Kembali Dibuka, Siapkan Persyaratan Ini dan Catat Cara Daftarnya!

Pahami.id – Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja 2024. Informasi tersebut disampaikan langsung melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

“Pendaftaran sudah dibuka kembali kawan! Kunjungi www.prakerja.go.id dan klik “Daftar Sekarang” untuk membuat akun sekarang juga,” tulis keterangan di akun @prakerja.go.id pada Kamis (4/1). . /2024 ) tentang Pendaftaran Kartu Prakerja Tahun 2024.

Perlu diketahui bahwa program Kartu Prakerja merupakan inisiatif pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan bagi pencari kerja, pekerja yang terkena PHK dan/atau pekerja yang memerlukan peningkatan kompetensi.

Pada tahun 2023, program Kartu Prakerja akan mencapai gelombang 62 yang merupakan gelombang terakhir pada tahun tersebut.

Namun pada tahun 2024, pendaftaran telah dibuka kembali sehingga memberikan kesempatan kepada individu untuk berpartisipasi dalam program tersebut.

Syarat mendaftar Kartu Prakerja 2024

  • Untuk dapat mendaftar program Kartu Prakerja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:
  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia antara 18 dan 64 tahun.
  • Tidak menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari pekerjaan, terkena PHK, atau perlu meningkatkan efisiensi kerja, termasuk pekerja/buruh yang terkena PHK, pekerja bukan penerima gaji, dan pelaku usaha mikro & kecil.
  • Tidak termasuk dalam kategori Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polisi, Kepala Desa dan perangkat desa, serta Direksi/Komisaris/Dewan BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) bagi Penerima Kartu Prakerja.

Inilah cara mendaftar Kartu Prakerja 2024

1. Daftar

Langkah pertama untuk mendaftar adalah membuat akun Prakerja dengan memberikan data diri seperti email, NIK, nomor KK, nomor ponsel aktif, dan menyelesaikan tes keterampilan dasar untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

2. Bergabunglah dengan Gelombang

Setelah mendaftar, peserta dapat mengikuti seleksi dengan mengikuti gelombang yang tersedia.

Proses seleksi ini kemudian dilanjutkan dengan menunggu pengumuman hasil seleksi.

3. Pilih Latihan

Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan sisa pelatihan sebesar Rp 3,5 juta. Mereka dapat memilih pelatihan yang dibutuhkan melalui Platform Digital Mitha dan melakukan pembayaran menggunakan nomor Kartu Prakerja.

Penting untuk memastikan bahwa rekening bank/dompet elektronik Anda terhubung sebelum membeli pelatihan.

4. Berolahraga

Setelah memilih pelatihan, peserta dapat melalui proses pelatihan dengan mengikuti pre-test dan post-test, serta menyelesaikan pelatihan untuk mendapatkan sertifikat.

5. Memberikan Peringkat dan Ulasan

Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta diminta untuk memberikan penilaian dan ulasan terhadap pelatihan yang telah diselesaikannya melalui dashboard Prakerja.

6. Dapatkan Insentif

Peserta akan menerima insentif sebesar Rp 600.000 di rekening bank/e-walletnya setelah menyelesaikan pelatihan.

7. Selesaikan Survei Penilaian

Peserta diharapkan menjawab 2 survei penilaian di dashboard Prakerja dan akan menerima insentif sebesar Rp50.000 untuk setiap survei yang diselesaikan.