Profil Yoo Ah In, Aktor Korea Selatan yang Tersandung Kasus Narkoba – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Yoo Ah In menjadi sorotan karena kasus narkoba yang menjeratnya. Aktor terkenal asal Korea Selatan itu datang ke Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada Rabu (24/5/2023) untuk dimintai keterangan.

Yoo Ah In tidak ditahan karena hakim memutuskan tidak perlu menahannya. Namun, aktor tersebut dilaporkan diserang oleh masyarakat dengan botol kopi saat meninggalkan ruang pemeriksaan.

Kasus narkoba yang menjerat Yoo Ah In mengejutkan publik karena reputasinya di dunia akting sangat mengesankan. Banyak yang kecewa karena bintang Hellbound itu menyalahgunakan narkoba.

Lantas bagaimana karir dan kehidupan pribadi sang aktor? Berikut profil Yoo Ah In yang dirangkum dari berbagai sumber.

Profil Yoo Ah In

Aktris Yoo Ah In (Twitter/ allkpop)

Uhm Hong Sik atau lebih dikenal dengan Yoo Ah In lahir di Daegu pada tanggal 6 Oktober 1986. Ia merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara.

Yoo Ah In melanjutkan studinya di Dankuk University dan Konkuk University. Aktor berusia 36 tahun ini pernah berperan sebagai idola dan penyanyi sebelum memulai karir di dunia akting.

Karier Yoo Ah In

Yoo Ah In (twitter.com/karmalovesick)
Yoo Ah In (twitter.com/karmalovesick)

Yoo Ah In memulai debutnya sebagai iklan TV pada tahun 2003. Dia kemudian membintangi proyek akting pertamanya, drama remaja Sharp setelah lolos audisi sebagai siswa teladan jurusan melukis.

Setelah istirahat, Yoo Ah In melanjutkan karir aktingnya dengan berperan dalam film indie beranggaran rendah Boys of Tomorrow. Film ini tayang perdana di Festival Film Internasional Busan 2006 dan berkompetisi untuk Golden Leopard di Festival Film Internasional Locarno 2007.

Yoo Ah In terus mengukir namanya sebagai aktris dengan kemampuan akting yang mengesankan. Beberapa proyek hitnya termasuk Punch (2011), Secret Affair (2014), Veteran (2015), The Throne (2015), Six Flying Dragons (2015 –2016), Burning (2018), #Alive (2020), Voice of Silence (2020) dan Hellbound (2021).

Untuk perannya di Burning, Yoo Ah In mendapat pujian dari kritikus film internasional. Dia juga terpilih untuk The New York Times ‘The Best Actors of 2018, menjadikan Yoo satu-satunya aktor Asia dan orang Korea pertama yang melakukannya.

Kasus Narkoba Yoo Ah In

Yoo Ah Dalam Kontroversi (Instagram/@hongsick)
Yoo Ah In (Instagram/@hongsick)

Yoo Ah In menemukan kasus dugaan penyalahgunaan obat terlarang, yaitu zolpidem. Selain zolpidem, ia juga diduga mengonsumsi propofol, mariyuana, ketamin, dan kokain.

Awalnya Yoo Ah In beralasan meminum obat ini karena diresepkan oleh dokter. Namun, polisi menemukan cukup bukti untuk menyimpulkan bahwa obat itu disalahgunakan.

United Artist Agency (UAA) selaku agensi merilis pernyataan terkait kasus narkoba Yoo Ah In. Agensi bersikeras bahwa para aktor yang mereka ciptakan hanya menggunakan obat tidur untuk mengobati insomnia.

“Dia tidak pernah menggunakan (narkoba) untuk tujuan apapun selain untuk tidur. Kebenaran akan terungkap melalui penyelidikan polisi,” kata UAA.

“Memang benar Yoo Ah In sudah lama meminum obat tidur karena gangguan tidur. Dia biasa meminum obat tidur dengan kandungan yang cocok,” jelas agensi.

Akibat kasus narkoba, Yoo Ah In dicopot dari perannya di beberapa drama dan film. The Match yang seharusnya dirilis pada tahun 2023 sempat tertunda akibat kasus ini.

Kontributor: Chusnul Chotimah