Profil Raja Charles III, Anak Mendiang Ratu Elizabeth II yang Naik Tahta di Usia Senja – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Charles III resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris pada Sabtu (6/5/2023) waktu setempat. Raja Charles III menggantikan Ratu Elizabeth II, ibunda yang meninggal pada 8 September 2022.

Selain menjadi Raja Inggris, Charles III juga akan menjadi kepala negara bagi 14 negara Persemakmuran seperti Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Lihat profil Raja Charles III di bawah ini.

1. Biodata Raja Charles III

Raja Charles III dan Ratu Camilla (twitter/@RoyalFamily)

Charles Philip Arthur George atau Charles III lahir di Istana Buckingham pada tanggal 14 November 1948. Ia merupakan putra tertua dari mendiang Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Raja Charles III adalah suami Camilla dengan dua putra mendiang Putri Diana, Pangeran William dan Pangeran Harry.

2. Kehidupan Raja Charles III

Potret mendiang Ratu Elizabeth II bersama Raja Charles III dan Ratu Camilla di acara kerajaan (instagram/@theroyalfamily)
Potret mendiang Ratu Elizabeth II bersama Raja Charles III dan Ratu Camilla di acara kerajaan (instagram/@theroyalfamily)

Raja Charles dikenal sebagai siswa yang cerdas di sekolah. Dia selalu mendapat nilai A dalam Sejarah dan Prancis.

Oleh karena itu, Raja Charles III melanjutkan pendidikan tingginya di Trinity College dengan spesialisasi antropologi, arkeologi, dan sejarah. Raja Charles III juga belajar bahasa dan sejarah di Universitas Wales dan melanjutkan S2 di Universitas Cambridge.

Charles pertama kali dinobatkan sebagai Pangeran Wales pada tahun 1958, tetapi pengangkatan resminya tidak sampai tahun 1969. Mengikuti tradisi keluarga, Charles juga bergabung dengan angkatan udara dan angkatan laut sekitar tahun 1971.

Sebagai Pangeran Wales, berbagai acara amal, pembangunan, minat terhadap masalah lingkungan serta agama dan filsafat ditunjukkan oleh Raja Charles III. Pada 2008, Raja Charles III dinyatakan sebagai “anggota keluarga kerajaan yang bekerja paling keras” oleh The Daily Telegraph.

3. Romansa Raja Charles III

Putri Diana (Dok. Ide Baru)
Putri Diana (Dok. Ide Baru)

Kisah cinta Raja Charles III dan Putri Diana begitu terkenal di seluruh dunia. Raja Charles III diketahui pernah menikah dua kali, yang kedua dan terakhir dengan cinta pertamanya, Camilla Parker Bowles.

Diana Spencer adalah adik dari Sarah Spencer yang pernah menjadi kekasih Raja Charles III. Pertemuan pertama Raja Charles III dengan Diana adalah ketika ia masih menjadi kekasih Sarah.

Dari pernikahannya dengan Diana Spencer, Raja Charles III dikaruniai dua putra, tak lain adalah William Arthur (Pangeran William) dan Henry Charles (Pangeran Harry). Sayangnya pernikahan Raja Charles III dan Putri Diana berakhir pada tahun 1992.

Raja Charles III dikabarkan berselingkuh dengan cinta pertamanya Camilla saat masih menikah dengan Putri Diana. Setelah itu, Putri Diana jatuh cinta dengan pria lain hingga pernikahan mereka tak bisa dipertahankan lagi.

Raja Charles III kemudian menikahi Camilla, cinta pertamanya hingga saat ini. Meskipun pernikahannya dengan Camilia, yang saat itu bercerai, ditentang, Raja Charles III bersikeras bahwa hubungan mereka “tidak dapat dinegosiasikan”.

Itulah profil singkat Raja Charles III yang baru saja dinobatkan sebagai Raja Inggris. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi