Perjalanan Hidup Arief Muhammad, dari Penulis Hingga jadi Pebisnis – Berita Hiburan

by

Pahami.id – YouTuber Arief Muhammad, sebelumnya dikenal sebagai penulis novel laris berjudul Poconggg juga Pocong. Namun, beberapa tahun lalu, Arief Muhammad mulai beralih haluan dengan berkarya di YouTube dan membuat konten serta menjadi YouTuber.

Beberapa tahun kemudian, Arief Muhammad mulai mengembangkan usahanya, mulai dari pakaian, gadget, hingga bisnis makanan. Beberapa usahanya masih berjalan hingga saat ini dan menjadi sumber penghasilan bagi Arief Muhammad.

Arief Muhammad [Instagram]

Diantara usaha cumi-cumi yang dijual oleh Arief Muhammad antara lain Cakekinian yang menjual berbagai jenis kue; Billionaier’s Project, menjual produk fashion seperti kaos, celana, hoodie dan topi; Baso Aci Abang; Halo Nuku; Mata uang; dan yang terbaru Rumah Makan Padang Payakumbuh.

Lantas bagaimana perjalanan Arief Muhammad yang awalnya seorang penulis, kemudian menjadi content creator, dan kini menjadi pebisnis? Simak wawancara eksklusif Pahami.id dengan Arief Muhammad di bawah ini.

Arief Muhammad. [Instagram/ariefmuhammad]
Arief Muhammad. [Instagram/ariefmuhammad]

Bagaimana jalan hidup seorang Arief Muhammad?
Awalnya saya ngeblog, dari blog saya isinya banyak sekali. Terus pakai media sosial, lalu di Twitter, terus nulis buku, setelah nulis buku saya bikin film, setelah bikin film saya buka youtube, dan sampai sekarang masih menjadi content creator di youtube.

Namun di tengah perjalanan sekitar sembilan tahun lalu, saya mencoba berbisnis dan terjun ke dalamnya dan akhirnya sejak sembilan tahun lalu hingga sekarang saya masih berbisnis.

Bingung Saat Ganti Profesi?
Sebenernya sama sih, biasa aja suka cerita ya.. Mulai dari nulis buku, blog, film, youtube, semuanya cerita, medianya aja yang beda. Jadi sungguh, saya tidak bingung, ini lebih tentang menikmatinya saja.

Apakah Ada Kesulitan?
Tidak, karena dalam perjalanan Anda bertemu orang baru, tim baru, jadi ada mentor yang mengajari Anda juga, lalu Anda bertemu tim yang membantu Anda juga, jadi nikmati prosesnya.

Pasti bingung di awal, cuma karena stuck dan totalitas disitu, ya gitu, akhirnya jadi gitu.

Apa titik balik dalam memutuskan untuk mengubah profesi?
Tahun 2014 awalnya gara-gara twitter berkembang banget, terus turun banyak, jadi dari situ awalnya bisnisnya back up plan, ‘oke, saya butuh backup plan, kalau misalnya berkarir di bidang digital tidak berjalan dengan baik’.

Namun pada akhirnya mereka melanjutkan, mereka suka disana, dan alhamdulillah sukses disana, tapi mereka tidak meninggalkan dunia digital, jadi jalan terus, terus buat konten dan tetap berbisnis.

Ada Pikiran untuk Kembali Menulis Buku?
Saya sangat menginginkannya, pada dasarnya sama saja, medianya saja yang berubah. Sekarang kalau mau cerita, saya sudah punya sosial media, macam-macam di YouTube. Hanya jika Anda mengatakan Anda menginginkannya, Anda menginginkannya, kadang-kadang.

Mulai dari ngeblog, youtube, berbisnis, apa yang paling kamu suka?
Anda tidak bisa memilih, karena semuanya saling berhubungan dan semua orang menikmatinya.

Mengalami Kesulitan Bisnis?
Kesulitan pasti ada ya, setiap bisnis pasti memiliki kesulitan yang berbeda-beda. Itu satu-satunya alasan, karena kami sudah punya tim dan partner juga, jadi ya, apapun masalahnya, sudah terabaikan.