Profil dan Perjalanan Hidup Kirun, Pelawak yang Kena Berita Hoax dengan Gus Miftah: Punya Rumah Bak Keraton – Berita Jatim

by
Profil dan Perjalanan Hidup Kirun, Pelawak yang Kena Berita Hoax dengan Gus Miftah: Punya Rumah Bak Keraton

Pahami.id – Komedian sekaligus pendakwah kelahiran Madiun, Jawa Timur (Jatim), Kirun menjadi sasaran berita hoaks saat musim Pilpres 2024. Kirun diterpa berita hoaks bersama Gus Miftah.

Sebelumnya beredar video klip yang menceritakan Gus Miftah memberikan amplop kepada ayah Kirun. Amplop tersebut kemudian disebut telah dikembalikan oleh Kirun.

Dalam narasi yang tersebar, disebutkan bahwa amplop coklat tersebut diduga berisi uang Kirun untuk mendukung salah satu calon pilihan Gus Miftah pada Pilpres 2024.

Saat Kirun mendapati amplop coklat ditolak, wajah Gus Miftah menunjukkan ketidaksenangan. Kirun dalam video klip itu terlihat mengelus lengan Gus Miftah seolah menunjukkan permintaan maaf.

Gus Miftah dalam video yang diunggah akun Tiktok @pengajiangusmiftah menjelaskan pertemuannya dengan Kirun terjadi pada 2 November 2023 di Wilalung, Demak dalam sebuah acara pengajian.

Pengajian tersebut berlangsung di rumah warga bernama H. ​​​​Sutarno yang berlokasi di Desa Wilalung, Demak pada Kamis malam, 2 November.

“Bukan saya yang mengcover bapak Kirun, tapi saya mengcovernya dengan AJK,” kata Gus Miftah.

“Acara pengajian, bintang tamunya Abah Kirun. Shohibul Haul idola saya. Saya diminta mengisi acara pengajian. Bintang tamunya Abah Kirun,”

“Sebenarnya saya yang membuat amplop untuk siswa. Saya tidak membuat amplop untuk ayah Kirun,” jelas Gus Miftah.

Lantas siapakah Kirun dan bagaimana kehidupannya? Berikut ulasannya.

Nama lahir Kirun adalah Muhammad Syakirun. Ia merupakan anak dari Marsolo dan Sukirah. Ayahnya juga dikenal sebagai seorang seniman.

Kirun diketahui sempat bersekolah di SD di Madiun, setelah itu ia bersekolah di Sekolah Teknik Negeri (STN) di Ngawi.

Saat masih kuliah di STN, Kirun pernah tercatat sebagai Ketua Persatuan Ludruk dan Ketoprak Residen Madiun. Kecintaan Kirun pada dunia seni membuatnya aktif dan menjadi anggota beberapa asosiasi seniman.

Kirun misalnya, pernah menjadi Ketua Persatuan Krido Wiromo Kabupaten Sorong pada tahun 1979 hingga 1980, Ketua dan Direktur Ludruk pada tahun 1980 hingga 1982.

Cak Kirun juga pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Seniman Komedi Jawa Timur pada tahun 1995 hingga 2000. Catatan penampilan Kirun di Jawa Timur dan dunia seni tanah air sangat panjang.

Ia menjadi salah satu artis yang paling disegani. Kirun diketahui tinggal di Dusun Candi, Desa Baki, Kecamatan Nglames, Kabupaten Madiun.

Jika dilihat dari postingan YouTube Jejak Richard, rumah Kirun memang berada di perkampungan namun letaknya di pinggir jalan. Rumah Kirun cukup menarik. Bangunannya sangat besar dan megah.

Penduduk setempat mengatakan bahwa rumah Kirun juga merupakan lokasi Museum Seni Kirun. Di halaman depan Kirun terdapat surau dengan arsitektur Cina. Ruang salat dicat hijau dan oranye.

Di dalam rumah Kirun terdapat panggung yang biasa digunakan sebagai panggung seni. Di depan rumah Kirun juga terdapat tempat untuk menerima tamu.

Masih di depan rumah Kirun juga terdapat kedai kopi untuk tamu yang berkunjung. Sekilas, megahnya rumah Kirun tampak seperti istana.