Prabowo-Gibran Unggul Telak di Jatim dan Jabar Versi SCIS – Berita Jatim

by
Prabowo-Gibran Unggul Telak di Jatim dan Jabar Versi SCIS

Pahami.id – Center for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei yang dilakukan antara 13-18 Desember 2023.

Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang besar-besaran di Jawa Timur. Elektabilitas calon nomor urut dua tercatat sebesar 52 persen. Sementara Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat 22,5 persen, lalu Anies Baswedan-Muhaimin ISkandar mendapat 15 persen.

Prabowo-Gibran juga sempat unggul telak di Jawa Barat. CSIS mencatat pasangan ini mencapai 50,9 persen. Sedangkan Anies-Muhaimin mendapat 32,2 persen dan Ganjar-Mahfud Md 11,3 persen.

Pasangan Ganjar-Mahfud Md menang di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pasangan capres dan cawapres nomor urut tiga meraih 43,5 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 36,5 persen dan Anies-Muhaimin memperoleh 13 persen.

Secara keseluruhan, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan 43,7 persen, Anies Baswedan 26,1 persen, Ganjar-Mahfud MD 19,4 persen. Sedangkan 6,4 persen masih merahasiakan atau belum menentukan pilihan.

Survei ini dilakukan secara random sampling dengan menggunakan metode multi stage random sampling.

Jumlah sampel sebanyak 1.300 orang yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Dengan pengambilan sampel berdasarkan proporsi antara jumlah pemilih dengan jumlah sampel di setiap daerah. Kemudian proporsi perempuan dan laki-laki serta kategori perkotaan dan perdesaan.

Jajak pendapat ini memiliki margin kesalahan +/- 2,7 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.