Prabowo-Gibran Hanya Unggul Tipis Atas Ganjar-Mahfud di Kalangan Anak Muda – Berita Jatim

by
Prabowo-Gibran Hanya Unggul Tipis Atas Ganjar-Mahfud di Kalangan Anak Muda

Pahami.id – Pusat Kajian Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) merilis hasil survei yang dilakukan di kalangan pemilih muda.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul tipis atas Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Keduanya hanya berbeda 4 persen.

“Prabowo-Gibran memimpin pemilih muda, disusul pasangan MD Ganjar-Mahfud dengan selisih tidak signifikan yakni 4 persen dan terdapat 10 persen pemilih muda di Jatim yang belum menentukan pilihan terkait Pilpres 2024,” kata Peneliti Utama PUSAD UMSurabaya Radius Setiyawan, dikutip dari Antara, Jumat (27/10/2023).

Ia mengungkapkan, survei tersebut dilakukan terhadap pemilih di Jawa Timur dengan rentang usia 17-40 tahun.

Kerangka sampel diambil dari klasifikasi umur berdasarkan data KPU Jawa Timur tahun 2024.

Sedangkan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Multi-Stage Random Sampling. Setiap kabupaten/kota membutuhkan 4-5 kabupaten untuk dijadikan sampel penelitian. Kemudian dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di setiap kelurahan dan kelurahan lokasi penelitian.

“Tim kami mengambil total sampel sebanyak 1.075 responden yang tersebar secara proporsional di 38 kabupaten/kota. Margin toleransi (standar kesalahan/d) adalah 3 persen dan tingkat kesalahan (α) untuk penelitian ini adalah 5 persen. Sedangkan proses wawancara dilakukan melalui telepon dengan menggunakan kuesioner oleh enumerator, ujarnya.

Survei PUSAD dilakukan pada tanggal 14-22 Oktober 2023.

Ia berharap hasil survei tersebut bisa menjadi tolak ukur para calon menjelang kampanye Pilpres 2024.