Polisi yang Tangkap Saipul Jamil Terbukti Langgar Prosedur, Segera Jalani Sidang Etik – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Polres Metro Jakarta Barat mengakui petugas Polsek Tambora yang menangkap Saipul Jamil dan asistennya, Steven di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (5/1/2024) lalu telah melanggar prosedur.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M. Syahduddi dalam jumpa pers yang digelar di Polres Metro Jakarta Barat, Jumat (12/1/2024). Disebutkan, keputusan ini didapat setelah dilakukan pemeriksaan oleh Propam Polres Metro Jakarta Barat.

Konferensi media Polres Metro Jakarta Barat terkait kasus yang melibatkan Saipul Jamil, Jumat (12/1/2024) [Pahami.id/Tiara Rosana]

Mengenai anggota yang melakukan penangkapan dan pengungkapan tindak pidana narkoba atas nama Aiptu H, Z, M, dan AW, dari hasil pemeriksaan terbukti ketiga anggota tersebut melakukan pelanggaran prosedur, kata Syahduddi.

Kejanggalan prosedur antara lain memperbolehkan masyarakat ikut serta dalam proses penangkapan, serta tidak meyakinkan pelaku bahwa dirinya adalah petugas polisi. Mereka bahkan membiarkan pelakunya melarikan diri.

Pertama, membiarkan masyarakat melakukan tindakan kekerasan terhadap penyalahguna narkoba. Kedua, tidak memberikan keyakinan atau kepastian kepada pelaku bahwa yang terlibat adalah polisi, kata Syahduddi.

Saipul Jamil di Polres Metro Jakarta Barat, Jumat (12/1/2024) [Pahami.id/Tiara Rosana]
Saipul Jamil di Polres Metro Jakarta Barat, Jumat (12/1/2024) [Pahami.id/Tiara Rosana]

“Kalaupun anggota mengatakan ‘kami polisi’ dan menunjukkan lencana polisi, itu tidak cukup meyakinkan pelaku untuk berhenti, malah kabur,” imbuhnya.

Oleh karena itu, seluruh petugas yang melanggar prosedur ini akan menjalani sidang kode etik untuk mengetahui kepastian hukumnya.

Jadi ketiga anggotanya akan segera diadili untuk mendapatkan kepastian hukum, ujarnya.

Di sisi lain, Saipul Jamil sendiri sudah memaafkan pelaku yang menyerangnya. Meski begitu, proses hukum tetap berjalan sesuai prosedur Polres Metro Jakarta Barat.

Seperti diketahui, dalam video viral penangkapan Saipul Jamil, penari dan asistennya dikepung dan sejumlah orang diamankan. Ada juga yang menodongkan pistol ke Saipul Jamil.

Saipul Jamil dalam video tersebut tampak panik bahkan menangis sambil memohon agar dilepaskan.

Sementara dari hasil tes urine dan rambut, tidak ada bukti Saipul Jamil menggunakan narkoba. Setelah beberapa hari ditahan di Polsek Tambora, Jakarta Barat, pria berusia 43 tahun itu akhirnya dibebaskan.

Video penangkapan Saipul Jamil dan asistennya pun menyedot perhatian publik. Kinerja polisi kembali menjadi pertanyaan dalam melakukan penangkapan.