Penerjemah Tersumpah: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilih – Berita Jatim

by
Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilih Penerjemah Tersumpah

Pahami.id – Era globalisasi membuka pintu bagi masyarakat dari seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan menjalin hubungan baik di bidang ekonomi, sosial, budaya maupun pendidikan. Maka, untuk mengatasi perbedaan bahasa, diperlukan pihak ketiga sebagai penerjemah tersumpah, terutama untuk dokumen-dokumen penting.

Bagi orang awam mungkin masih jarang mendengar istilah translator. Namun, Anda mungkin memerlukan penerjemah tersumpah jika ingin belajar di luar negeri atau sebagai persyaratan dokumen beasiswa.

Apa itu Penerjemah Tersumpah?

Penerjemah tersumpah adalah orang yang telah lulus ujian kualifikasi dengan standar nilai minimal yang telah ditetapkan. Selanjutnya, penerjemah tersumpah akan mendapatkan sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penerjemah Indonesia. Tidak berhenti disitu, penerjemah tersumpah juga masih harus melalui proses verifikasi.

Secara umum, tugas penerjemah tersumpah meliputi menerjemahkan dokumen bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing atau bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia. Dokumen tersebut meliputi dokumen keuangan, dokumen hukum, hingga dokumen akademik seperti ijazah atau transkrip nilai.

Manfaat Menggunakan Penerjemah Tersumpah

Layanan tidak dapat ada tanpa menguntungkan pelanggan mereka, bukan? Penerjemah tersumpah memiliki manfaat untuk menjembatani hambatan bahasa yang tidak semua orang tahu dan bisa. Berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

1. Kesalahan Minimal

Komunikasi antara dua pihak yang berbeda bahasa perlu diwaspadai kesalahpahaman yang dapat merusak hubungan. Terutama ketika berurusan dengan dokumen penting dalam bisnis seperti perjanjian atau di bidang pendidikan seperti transkrip nilai.

Jika menggunakan jasa penerjemah tersumpah, kemungkinan terjadinya kesalahan penerjemahan bahasa bisa kecil karena untuk mendapatkan profesi ini dibutuhkan kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat resmi.

2. Dijamin

Penerjemah tersumpah akan memberikan jaminan kepada klien sehingga klien tidak perlu khawatir akan keaslian dokumen terjemahannya. Jaminan ini bisa memberikan jaminan jika ada kesalahan saat menerjemahkan, sehingga Anda bisa merasa lebih tenang.

3. Proses Penerjemahan Relatif Cepat

Apakah Anda memerlukan dokumen terjemahan dalam waktu dekat? Jangan khawatir, rata-rata penyedia penerjemah tersumpah dapat melakukan pekerjaannya dengan cukup cepat. Hal ini didukung oleh latar belakang pengetahuan bahasa yang luas dan pengalaman menerjemahkan dokumen serupa berkali-kali.

Tips Memilih Penerjemah Tersumpah
Ketika Anda ingin melengkapi dokumen beasiswa yang diperlukan untuk melanjutkan ke luar negeri, Anda tidak hanya membutuhkan paspor atau visa. Tapi juga transkrip berupa ijazah yang perlu diterjemahkan ke dalam bahasa asing sesuai pilihan tujuan studi Anda. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tipsnya.

1. Memiliki Reputasi Yang Baik
Penting untuk memeriksa testimonial yang ditinggalkan oleh klien sebelumnya sehingga Anda memiliki gambaran tentang kinerja penyedia terjemahan tersumpah. Jika ulasan dominan positif, berarti layanan tersebut memiliki reputasi yang baik sehingga meningkatkan kredibilitasnya.

2. Bersertifikat dan Profesional
Hal penting sebelum menggunakan jasa penerjemah tersumpah online adalah pastikan jasa tersebut memiliki sertifikat resmi sehingga dapat bekerja secara profesional untuk menerjemahkan ijazah Anda.

3. Tawarkan Harga yang Wajar
Jika memungkinkan, carilah penerjemah tersumpah yang menawarkan harga yang wajar namun tetap menghasilkan terjemahan yang berkualitas. Lakukan riset seperti biasa dan bandingkan harga untuk menentukan opsi terbaik.

Butuh Penerjemah Tersumpah untuk Diploma?
Ijazah merupakan dokumen penting yang tidak bisa diterjemahkan sembarangan. Ini melibatkan akurasi dan keamanan dokumen. Peran penerjemah resmi atau tersumpah sangat penting untuk membantu Anda menerjemahkan dokumen ke dalam bahasa asing sesuai kebutuhan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menerjemahkan dokumen diploma untuk studi di luar negeri, Anda dapat menggunakan jasa penerjemah tersumpah dari Jakarta International Translation Services (JITS) yang menawarkan jasa terjemahan berkualitas dan memiliki sertifikat resmi.