Pantas Atta Halilintar Ketakutan, Ternyata Operasi Ini yang Harus Dijalani – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kabar mengejutkan datang dari Atta Halilintar. Suami ke Aurel Hermansyah Ia akhirnya mengaku sudah menyerah dengan penyakit yang dideritanya selama ini.

Melalui Instagram, ia mengumumkan keputusannya dirawat di rumah sakit. Tidak hanya itu, dia harus melalui… operasi.

Tampaknya operasi yang dilakukannya membuat takut ayah dua anak ini. Sayangnya, hingga menjalani operasi, tidak terungkap penyakit apa yang dideritanya.

Namun melalui vlog terbaru di channel YouTube AHAtta sedikit tumpah tentang jenis operasi yang harus dijalaninya. Termasuk persiapan yang dilakukannya.

Persiapan yang dilakukannya adalah puasa. Dia diminta untuk tidak makan atau minum selama enam jam.

Puasa saja, puasa makan dan minum enam jam, kata dokter yang merawat Atta Halilintar, seperti dilansir Rabu (31/1/2024).

Melihat kekhawatiran di wajah Atta, dokter berusaha menenangkannya. Dia menyebutkan prosedur yang dia lakukan sebelum operasi.

“Setelah dibius total, aksesnya diatur untuk masuknya obat. (Kemudian) dipasang infus kecil. Obatnya dipasang, tidur kurang dari satu menit,” kata dokter.

“Saat tidur nyenyak-pemeliharaan Lanjutkan penggunaan anestesi dan kemudian pantau kedalaman tidur. “Jadi di (pemeriksa) sudah ada alatnya jadi tidak perlu khawatir,” lanjut dokter.

Dalam kesempatan yang sama, dokter yang merawat Atta menyebutkan salah satu teknik pembedahannya yakni laparoskopi. Namun Atta khawatir perutnya tidak sehat.

Hal ini kemudian diperiksa lebih lanjut oleh dokter. Dia menyatakan rencananya untuk menambahkan anestesi lokal.

“(Untuk tindakan laparoskopi), dengan memberi saya obat lokal (anestesi), bisa mengurangi obat anti nyeri yang merangsang (lambung),” jelas dokter.

Jadi apa itu laparoskopi?

Dilacak dari berbagai sumber, laparoskopi merupakan suatu proses pembedahan yang dilakukan untuk memeriksa atau mengobati penyakit pada perut. Operasi ini dilakukan dengan memasukkan tabung yang disebut laparoskop.

Operasi jenis ini biasanya dilakukan untuk mengobati beberapa penyakit. Mulai dari penyakit usus buntu, hernia, hingga penyakit kandung empedu.

Selain itu, operasi ini juga bertujuan untuk mengatasi kista di perut. Ditambah lagi pengangkatan organ penting seperti rahim dan indung telur.

Laparoskopi juga dapat menimbulkan efek samping seperti mual. Hal itu pun dibenarkan Aurel Hermansyah di hadapan suaminya.

“Saya merasa mual seperti yang saya alami (setelah laparoskopi),” kata Aurel.