PAN Jatim Diuntungkan dengan Mengusung Prabowo Subianto, DPD Golkar Berharap Airlangga Wakilnya – Berita Jatim

by
PAN Jatim Diuntungkan dengan Mengusung Prabowo Subianto, DPD Golkar Berharap Airlangga Wakilnya

Pahami.id – PAN dan Partai Golkar menyatakan dukungannya terhadap Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Keputusan di tingkat pusat ini membuat senang para pengurus daerah.

Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig mengatakan keputusan itu akan memberikan kemudahan bagi calon legislatif di tingkat daerah hingga tingkat kabupaten/kota. Mereka tidak lagi bersusah payah berintegrasi ke dalam masyarakat.

Berdasarkan beberapa survei, elektabilitas Prabowo Subianto di Jatim cukup tinggi. Survei yang dilakukan Sindikat Riset Surabaya (SRS) menyebutkan pimpinan umum Gerindra sebesar 43,7 persen. Dua pesaingnya, Ganjar Pranowo memperoleh 39,5 persen dan Anies Baswedan 12,2 persen.

Artinya, hubungan antara PAN dan Gerindra sangat baik. Malah, hasil ini membuat PAN Jatim sangat menyenangkan. Ini pilihan yang paling sederhana,” kata Jatim. Ketua DPW DP Ahmad Rizki Sadig, Rabu (23/8/2023).

Ahmad Rizki mengaku masih menunggu instruksi dari manajemen pusat untuk mengambil langkah selanjutnya. Kata dia, hingga saat ini belum ada pertemuan yang membahas penggabungan tersebut.

“Kami sejalan dengan apapun keputusan yang diambil oleh pimpinan umum (Zulkifli Hasan). Karena beliaulah yang memahami dinamika dan pergerakan yang terjadi di pusat,” ujar alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta ini.

“Kita tunggu keputusan pengurus pusat dulu. Saya tidak mau rapatnya sia-sia. Cuma rapat kosong. Kita juga tidak mau meraba-raba. Tapi kalau untuk pertemuan informal, sering kita adakan,” dia menjelaskan.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji mengatakan, keputusan yang diambil Jenderal Airlangga Hartarto sesuai amanah untuk berkoalisi dan berkomunikasi dengan parpol lain.

“Pimpinan umum sudah mengeluarkan keputusan, kami siap melaksanakannya. Untuk Jatim, saya sempat bertemu dengan Gus Anwar Sadad (Ketua DPD Gerindra Jatim) dan Pak Riski. Kami membahas rencana tindak lanjutnya. pertemuan di Jatim. Tentu setelah pertemuan seluruh ketua umum partai di Jakarta, ”ujarnya.

Meski demikian, ia tetap berharap Prabowo menunjuk Airlangga sebagai calon wakil presiden mendampingi Ketum Gerindra tersebut. “Kalau dilihat dari jumlah kursi DPR RI dari empat partai koalisi, Golkar paling banyak. Jadi kita berharap calon wakil presidennya dari kita,” ujarnya.

Kontributor: Yuliharto Simon Christian Yeremia