Mensos Risma Jenguk Elvano, Bayi Pengidap Hidrosefalus Asal Ngawi – Berita Jatim

by
Mensos Risma Jenguk Elvano, Bayi Pengidap Hidrosefalus Asal Ngawi

Pahami.id – Menteri Sosial Tri Rismaharini menjenguk Elvano, anak berusia 3 tahun penderita hidrosefalus di Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Mensos Risma kaget melihat respon Elvano yang juga aktif berusaha berkomunikasi meski belum bisa berbicara.

“Halo Elvano, wah anak pintar ini, kamu suka mainan apa? Mobil?” ucap Risma kepada seorang anak kecil yang berada di kursi dorong bayi, Minggu (12/3/2023).

Meski tak bisa merespon, Elvano merespon dan tersenyum menerima mainan yang diberikannya.

Kedatangan Risma ingin memastikan kebutuhan Elvano dan keluarga bisa terpenuhi. Selama ini ibu Elvano harus mengurus bayinya seorang diri.

“BPJS Kesehatan sudah menangani biaya pengobatan, namun ada beberapa hal yang tidak ditanggung seperti biaya operasional dan harian, oleh karena itu Kemensos akan membantu melalui balai-balai yang ada di wilayah tersebut dan juga di Kitabisa,” jelas Risma.

Kemensos mengerahkan Balai Terpadu Kartini Temanggung, dan memberikan bantuan kesehatan untuk Elvano ke RSUD Dr. Soeroto Ngawi yang kemudian dirujuk ke Klinik Jantung Anak dan Dokter Bedah Saraf Dr. RSUD Moewardi Surakarta.

Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) diberikan Kementerian Sosial dengan nilai total Rp 14.428.980 yang terdiri dari bantuan operasional penunjang pelayanan kesehatan, bantuan pemenuhan hidup layak dan tambahan nutrisi berupa susu, popok, personal hygine. peralatan. , lemari pakaian, serta bantuan wirausaha bagi ibu-ibu Elvano berupa sembako dan aksesoris untuk usaha jahit.

Pada kesempatan yang sama, Kitabisa.com juga memberikan donasi kepada Elvano dan keluarga dengan akumulasi dana sebesar Rp37.558.255 dari 1.907 donatur. Dana ini untuk membantu biaya operasional selama perawatan Elvano.

Seluruh bantuan yang diberikan dimaksudkan untuk membantu menopang perekonomian keluarga Elvano sepanjang masa pengobatan sehingga seluruh kebutuhan sehari-hari tercukupi.

Tak hanya dukungan materi, Risma juga memberikan motivasi kepada Ibu Elvano. Bahkan, Risma pun bertanya kepada ibu Elvano apa saja yang bisa membantu meningkatkan perekonomiannya ke depan.

“Ibu tidak boleh menyerah dan harus terus kuat, percayalah, adik ini dititipi Tuhan karena mampu, walaupun proses hidrosefalusnya lama sekali, ibu harus semangat, saya juga melihat Elvano bisa aktif. berkomunikasi dan bereaksi serta perlu terus dilatih,” tambah Risma.

Mensos menegaskan, ke depan Kemensos akan terus mendampingi dan memantau perkembangan kesehatan Elvano, serta usaha wirausaha warung retail dan penjahitan untuk keluarga Elvano.

Terima kasih Kementerian Sosial dan Sastra, semoga bantuan ini berkah dan semoga Elvano bisa pulih seperti anak-anak lainnya, kata Yulie Fatmawaty, ibunda Elvano.

Kontributor: Dimas Angga Perkasa