Mengintip Perjalanan Karier Ado, Utaite yang Video Lagunya Sudah Ditonton Ratusan Juta Kali – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ado kini menjadi salah satu penyanyi remaja yang paling banyak dibicarakan di Jepang. Pasalnya di usianya yang masih muda, Ado telah menarik simpati banyak orang, terbukti dengan beberapa video lagunya yang telah ditonton ratusan juta kali.

Ado merupakan seorang utaite (sebutan untuk seseorang yang mengcover lagu Vocaloid, Anisong, lagu game, dan J-Pop) yang memulai aktivitas bermusiknya pada tahun 2017. Saat itu Ado memulai karirnya pada usia 14 tahun.

Nama Ado mulai dikenal luas setelah ia ditunjuk untuk mengisi suara nyanyian karakter Uta, seorang diva di film anime One Piece Film Merah. Baru-baru ini, Ado terpilih untuk mengisi soundtrack pembuka anime Spy

Namun sebelum mendapatkan popularitas global, Ado memulai karirnya sebagai utaite pada tahun 2017. Seperti utaite lainnya, Ado tidak pernah menunjukkan wajah aslinya, dan menggantinya dengan berbagai wajah anime.

Di awal karirnya, Ado pernah mengungkapkan bahwa ia merekam lagu dari dalam lemari yang telah dilapisi peredam suara untuk meminimalkan gangguan dan membuahkan hasil yang jernih.

Bahkan karena suaranya, banyak musisi yang mulai melirik Ado untuk berkolaborasi mulai dari Syudou, hingga Kujira dan jon-Yakitory.

Pada Oktober 2020, Ado merilis single debutnya yang bertajuk “Ussewa”. Tak menyangka lagu ini disukai banyak orang dan meledak hingga ditonton lebih dari 295 juta kali di YouTube.

Banyak yang terkesima dengan wanita ini karena saat itu usianya masih 17 tahun. Saking populernya, jumlah penonton video musiknya bahkan mencapai hampir 300 juta.

Selain ditonton hingga 295 juta, lagu “Ussewa” juga meraih banyak penghargaan. Saat itu, Ado menduduki peringkat 1 Billboard Japan Hot 100 dan banyak disebut oleh netizen Jepang sebagai lagu kebangsaan generasi muda. Pasalnya lirik lagu yang dibawakan sangat menggambarkan keadaan generasi muda yang kecewa dengan kehidupan.

Meski hanya berselang beberapa bulan setelah debut, lagu “Ussewa” pun berhasil meraih peringkat pertama Oricon Digital Singles Chart dan Oricon Streaming Chart.

Pada tanggal 29 Maret, “Ussewa” mencapai 100 juta pemutaran di chart “Streaming Songs” Billboard Jepang setelah 17 minggu sejak memasuki chart. Prestasi ini merupakan yang tercepat keenam dalam sejarah dan termuda untuk penyanyi solo.

“Ussewa” berkali-kali memberikan semangat kepada Ado untuk meniti karir di bidang musik. Sejak itu, ia mulai rajin merilis lagu-lagu baru, dalam jarak dekat. Ado kemudian merilis “Readymade”, “Gira-Gira”, dan “Odo”.

Prestasi lain yang membuat nama Ado semakin dikenal banyak orang di seluruh dunia adalah saat ia mengikuti proyek One Piece Film Red pada tahun 2022.

Ado berhasil menunjukkan bakatnya dengan bernyanyi sebagai karakter Uta di One Piece Film Red sekaligus mengisi seluruh soundtrack utama film tersebut, seperti “Shin Jidai” dan “Kaze no Yukue”.

Tahun 2022 dianggap sebagai tahun terbaik yang dialami Ado selama ini. Pasalnya ia akhirnya merilis dua album pertamanya: Kyogen (Januari 2022) dan album yang didedikasikan khusus untuk Uta No Uta: One Piece Film Red (Agustus 2022).

Tak hanya itu, “Shin Jidai” juga berhasil mencetak rekor sebagai lagu berbahasa Jepang pertama yang meraih peringkat pertama Top 100: Global Apple Music.

Baru-baru ini Ado kembali mengejutkan para penggemarnya dengan memberikan opening theme untuk sekuel anime yang paling dinantikan tahun ini, Spy X Family Season 2.

Ado membawakan single aslinya berjudul “Kura-Kura” dan dirilis secara digital di seluruh dunia pada tanggal 5 Oktober 2023. Lagu tersebut ditulis oleh Meiyo, dengan aransemen dan penampilan oleh Yoko Kanno x Seatbelts.

Lagu “Kura-Kura” versi anime yang diunggah 4 Oktober lalu di channel YouTube animasi TOHO telah ditonton lebih dari dua juta kali hanya dalam waktu beberapa hari.

Dengan banyaknya prestasi yang diraih Ado, ia ingin terus berkarya dalam skala yang lebih besar. Bahkan pada tahun 2022, ia juga berhasil bernyanyi secara live di panggung konser.

Ado bahkan semakin populer setelah berduet dengan salah satu girl grup terpopuler di Korea Selatan, Le Sserafim untuk MV “Unforgiven” (versi Jepang). Dimana Ado akan bernyanyi bersama para anggota band dengan tetap menjaga struktur lagunya.