Mencari Jejak Mahasiswa IPB yang Hilang Misterius di Pulau Sempu: Korban Sedang Penelitian – Berita Jatim

by
Mencari Jejak Mahasiswa IPB yang Hilang Misterius di Pulau Sempu: Korban Sedang Penelitian

Pahami.id – Petugas BPBD Kabupaten Malang masih bekerja keras mencari jejak Galang Edhi Swasono, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dilaporkan hilang di Pulau Sempu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim).

Galang datang ke Pulau Sempu bersama teman-temannya untuk melakukan penelitian. Galang sendiri diketahui beralamat di Gunung Langit RT003/RW004, Desa Gunung Langit, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Iya, ada mahasiswa IPB yang dilaporkan hilang saat melakukan penelitian di Pulau Sempu, nama mahasiswa tersebut Galang Edhi Swasono dari Banjarnegara Jawa Tengah,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan seperti dikutip dari Beritajatim.com— Jaringan Pahami.id, Kamis (28/12).

Sadono menjelaskan, berdasarkan laporan yang diterima Pusdalops BPBD Kabupaten Malang, korban pertama kali ditemukan hilang pada Rabu (27/12/2023) pukul 11.30 WIB.

Namun laporan hilangnya Galang baru diterima pada Kamis (28/12/2023), pukul 08.00 WIB. Sadono mengatakan, lokasi korban terakhir berada di kawasan Blok Telaga Lele, Kepulauan Sempu, Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Berdasarkan keterangan wartawan dan saksi, korban hilang berasal dari rombongan mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata Semester 5 yang sedang melakukan penelitian di Blok Telaga Lele di kawasan Pulau Sempu. ,” jelas Sadono.

Korban keluar dari rombongan pada Rabu (27/12/2023), sekitar pukul 09.00 WIB dan seharusnya kembali ke rombongan pada pukul 11.00 WIB.

Namun hingga pukul 11.30 WIB, korban belum kembali sehingga tim memutuskan untuk melakukan pencarian. Namun hingga pukul 23.00 WIB belum ada tanda-tanda adanya korban, jelas Sadono.

Sadono mengatakan, setelah korban dilaporkan ke Unit Polairud Polres Malang dan Pos TNI Angkatan Laut, operasi penggeledahan langsung dilakukan.