Membara, Lereng Gunung Anjasmoro Kembali Terbakar – Berita Jatim

by
Membara, Lereng Gunung Anjasmoro Kembali Terbakar

Pahami.id – Lereng Gunung Anjarmoro kembali terbakar, Jumat (27/10/2023). Kali ini wilayah yang terbakar di blok Sintok berada di wilayah Mendiro, Pangulgan, Wonosalam, Jombang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang bersiaga pada Sabtu (28/10/2023) dini hari terkait kebakaran di lereng Gunung Arjuno.

Majelis digelar di Kampung Panlungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Persiapan dan pemberangkatan menghadapi kebakaran hutan di Desa Panglugan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, tulis akun BPBD Jombang seperti dikutip.

Sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di lereng Gunung Anjasmoro di Blok Kucing Putuk kawasan Mojokerto pada Kamis (26/10/2023).

Api yang membakar Blok Kucing Putuk baru bisa padam pada Jumat (27/10/2023) dini hari.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Abdul Khakim mengatakan, area yang terbakar dipenuhi tanaman melina, anyaman bambu, dan ilalang.

Kebakaran diketahui pada Kamis malam sekitar pukul 14.00 WIB. Mengetahui hal tersebut, BPBD Kabupaten Mojokerto kemudian berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melaksanakannya

“Pusdalops berkoordinasi dengan Tahura R Soerjo, tim gabungan beranggotakan 12 orang menuju lokasi kebakaran sekitar pukul 16.00 WIB,” ujarnya dikutip dari jaringan Beritajatim.com– Pahami.id.

Petugas kesulitan memadamkan api. Hingga Jumat malam pembakaran arang selesai dilakukan.

“Sekitar pukul 03.30 WIB api berhasil dipadamkan oleh Tim Tahura R Soerjo. Selanjutnya tim pemadam kebakaran hutan dan lahan turun lagi, belum dihitung luas areal yang terbakar, ujarnya.