Mamah Dedeh Meninggal Dunia saat Isi Acara Ramadan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kabar buruk datang dari da’i Mamah Dedeh. Tersebar kabar duka bahwa sang pengkhotbah meninggal dunia.

Dalam tudingan yang beredar, disebutkan bahwa Mamah Dedeh meninggal dunia saat menghadiri sebuah upacara di bulan Ramadhan.

Sebuah thumbnail akun YouTube yang seolah mengabarkan bahwa Mamah Dedeh telah meninggal dunia. [YouTube Rasis]

Kabar tersebut diunggah oleh akun YouTube Racis, Senin, 27 Maret 2023. Dalam klaim yang diunggahnya, tertulis judul sebagai berikut.

“Innalilahi : Mama Dedeh Meninggal Saat Menyampaikan Acara di Bulan Ramadhan,”.

Di thumbnail, ditampilkan gambar peti mati dan pelayat. Tercatat pula Mamah Dedeh meninggal saat memberikan ceramah di bulan Ramadhan.

Abdel Achrian dan Mamah Dedeh [Youtube/Indosiar]
Abdel Achrian dan Mamah Dedeh [Youtube/Indosiar]

Lalu apakah klaim ini benar?

Penjelasan

Setelah terdeteksi, video berdurasi dua menit 15 detik itu tidak memuat penjelasan sesuai judulnya. Dalam unggahannya, video tersebut hanya menampilkan beberapa politisi hingga artis yang sedang berdoa. Termasuk foto Ridwan Kamil, Atalia Praratya, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Aliya Rajasa.

Namun, mereka memberikan penghormatan kepada Hj Dedeh Syahrawati, istri mantan Wakil Gubernur Banten, H. Masduki. Hal tersebut tidak sesuai dengan penuturan narator di awal video yang mengatakan Mamah Dedeh meninggal saat menuntut ilmu di bulan Ramadhan.

Padahal, saat ini Mamah Dedeh masih dalam keadaan sehat. Dipantau melalui media sosialnya, ia juga masih aktif berdakwah di daerah dan televisi.

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan di atas, kabar meninggalnya da’i Mamah Dedeh adalah kabar bohong. Konten video yang didistribusikan adalah konten yang dimanipulasi.