Kunjungi Jatim, Ganjar Seolah Berikan Pesan Jika Itu Basis Suaranya, Pengamat: Efek Bandwagon Politik – Berita Jatim

by
Kunjungi Jatim, Ganjar Seolah Berikan Pesan Jika Itu Basis Suaranya, Pengamat: Efek Bandwagon Politik

Pahami.id – Ganjar Pranowo akhir pekan lalu mengunjungi beberapa daerah di Jawa Timur, mulai dari Surabaya hingga Jember. Kedatangan calon presiden (bacapres) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat sambutan hangat.

Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam mengatakan, kunjungan Gubernur Jawa Tengah (Jawa Tengah) itu memberikan efek psikologis politik, terutama bagi calon presiden lainnya.

Karena sambutan hangat dan respon positif yang diterima, ia menilai pesan kuat dari kampanye yang dilakukan Ganjar di Surabaya dan Jawa Timur sebagai basis Ganjar sudah cukup kuat. Menurutnya, inilah fondasi politik Ganjar di Surabaya dan Jawa Timur.

Efek bandwagon sendiri merupakan sebuah efek atau kondisi, dimana masyarakat memiliki kecenderungan untuk mengikuti trend yang sedang terjadi.

Untuk konteks Ganjar di Jawa Timur, terlihat warga akan berbondong-bondong mengikuti jejak warga lainnya yang riuh menyambut kedatangan Ganjar. Sehingga menurutnya, efek politik akan sangat mempengaruhi banyak hal termasuk calon lawan.

“Memilih Surabaya dan Jawa Timur memang strategis dan bisa menyampaikan pesan bahwa para pendukung di wilayah ini bersatu dan bisa mengandalkan dukungan Mas Ganjar,” kata Surokim seperti dikutip jaringan Beritajatim.com-Pahami.id, Senin (8/ 5/2023).

Kubu Ganjar menurutnya perlu menjaga momentum antusiasme publik dan menjaganya agar tren positif tetap terjaga.

“Salah satu cara menilai suara akar rumput adalah dari munculnya kesadaran massa dan bukan sekedar mobilisasi. Biasanya peristiwa politik yang dihadiri banyak segmen pemilih bisa mematikan kesadaran pendukung,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga menilai pengemasan wisata Ganjar cukup kreatif dan dapat memadukan berbagai tujuan dengan berbagai jenis kegiatan.

“Panitia bisa memahami gabungan kebutuhan segmen pemilih ini, sehingga target dan penyampaian pesan bisa tercapai dengan baik. Saya kira panitia juga cermat dan bisa menyusun pesan politik yang menarik,” ujarnya.

Ia pun yakin pendukung partainya cukup kuat untuk memenangkan Ganjar.

“Saya kira ini akan menguatkan dan menjadi modal bagi Mas Ganjar dan suporter untuk mempertahankan dukungan dan juga berkembang,” ujarnya.