Kolonel Subhan, Korban Pesawat Super Tucano Baru Pulang Pimpin Misi Kemanusiaan ke Gaza – Berita Jatim

by
Kolonel Subhan, Korban Pesawat Super Tucano Baru Pulang Pimpin Misi Kemanusiaan ke Gaza

Pahami.id – Kolonel Pnb Subhan menjadi salah satu korban jatuhnya pesawat TNI AU Super Tucano di Pasuruan, Kamis (16/11/2023). Almarhum menaiki pesawat bernomor ekor TT-3103 bersama Pnb Mayor Yuda A. Seta.

Subhan merupakan salah satu perwira terbaik TNI AU. Sebelum meninggal, dia memimpin misi kemanusiaan ke Gaza.

“Mereka adalah anak-anak terbaik bangsa dan yang lebih kita ingat seminggu yang lalu, Kolonel Subhan lah yang memimpin kegiatan pengiriman bantuan ke Gaza,” kata Ketua AU, Marsma Agung Sasongkojati, dikutip dari TIMES Indonesia- – Suara network.com, Jumat (17/11/2023).

Misi kemanusiaan ke Gaza dilaksanakan pada tanggal 4 November 2023. Kolonel Subhan bertindak sebagai Komandan Misi. Dua pesawat Hercules C-130 diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma melalui jalur Aceh – Yangon (Myanmar) – New Delhi (India) – Abu Dhabi (UEA) – Jeddah (Arab Saudi) – El Arish (Mesir). Misi tersebut membawa logistik seberat 26 ribu kilogram.

Diketahui, misi tersebut selesai pada 9 November 2023. Kedua pesawat Hercules TNI AU A-1328 kembali mendarat di Skadron Udara 32 Lanud Abdurahman Saleh, Malang.

Marsma Agung mengungkapkan Kolonel Subhan, Letkol Pnb Sandra Gunawan dan Kolonel Laksamana Widiono Hadiwijaya akan dimakamkan di TMP Suropati, Malang. Sedangkan dua lainnya, Pnb Mayor Yuda A. Seta rencananya akan dimakamkan di TMP Madiun.

“Untuk tiga jenazah yang rencananya akan dimakamkan di TMP Suropati Malang, satu jenazah di Madiun. Itu saja yang bisa saya sampaikan untuk sementara,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun Instagramnya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya empat prajurit TNI AU.

“Atas nama kami dan Pemprov Jatim, kami menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban dua kecelakaan pesawat TNI AU,” kata Khofifah seperti dikutip.

Khofifah mendoakan yang terbaik bagi keempat prajurit TNI AU.

“Allahummaghfirlahum warhamhum wa’aafihim wa’fu’anhum. Dan semoga seluruh korban yang gugur dalam menjalankan tugasnya dipanggil Allah dalam keadaan husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni segala dosanya, semoga dibersihkan kuburnya dan dimasukkan ke Surga-Nya. Amin,” ujarnya.