Khofifah Tinjau Posko Pelayanan PPDB SMA dan SMK Negeri di UPT TIKP Jatim – Berita Jatim

by
Khofifah Tinjau Posko Pelayanan PPDB SMA dan SMK Negeri di UPT TIKP Jatim

Pahami.id – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa terus memastikan proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri se-Jawa Timur dapat berjalan aman dan lancar.

Untuk itu, pihaknya memantau langsung proses pelayanan PPDB Jatim di UPT Kantor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Jalan Jagir Sidoresmo V Surabaya, Selasa (20/6/2023).

Setibanya di lokasi, Khofifah langsung bersalaman dengan masyarakat yang menunggu giliran untuk menyampaikan permasalahannya dalam proses PPDB yang berlangsung seluruhnya secara online. Kebanyakan dari mereka adalah orang tua atau wali siswa yang datang membawa anak.

Tak hanya langsung menyapa masyarakat yang mengantri, Khofifah juga melihat langsung proses pelayanan. Termasuk memeriksa ruang call center dan menyapa operator yang sedang bertugas. Dimana di ruangan call center ini juga disediakan dashboard informasi untuk memantau pergerakan data proses PPDB.

Usai peninjauan, Khofifah mengatakan proses PPDB untuk tingkat SMA Negeri se-Jawa Timur sudah full online. Untuk itu, Pemprov Jatim melalui Dinas Pendidikan telah menyediakan berbagai posisi pelayanan terkait pengaduan atau kendala yang dihadapi calon peserta didik dalam proses PPDB.

“Mereka datang ke kantor layanan UPT TIKP untuk melaporkan permasalahan atau pengaduan yang mereka hadapi dalam proses PPDB. Ada berbagai jenis keluhan, tetapi masalah yang paling umum adalah PIN tidak diterbitkan karena kesalahan atau file yang hilang. Untuk itu, kami memastikan semua masalah atau kendala dalam proses PPDB perlu diselesaikan,” ujarnya.

Khofifah mengatakan, dalam proses PPDB, Dinas Pendidikan (Disdik) Jatim membuka posko pelayanan masyarakat di seluruh SMA/SMP Negeri di Jatim, Dinas Pendidikan 24 Jatim, UPT TIKP Office Jl. Jagir Sidoresmo V Surabaya, dan kantor pusat Dinas Pendidikan Jawa Timur Jl. Gentengkali no 33 Surabaya.

Namun, lanjutnya, kebanyakan masyarakat datang ke kantor pelayanan di UPT TIKP Disdik Jatim. Hal ini dikarenakan banyak pihak menganggap UPT ICTP sebagai pusat kendali PPDB Jatim dari tahun ke tahun.

“Tidak hanya datang langsung ke lokasi, kami juga menyediakan call center dan pesan WhatsApp. Ini semua dapat diakses oleh publik. Jadi ini bagian dari kami memastikan semua kendala dalam proses PPDB harus tuntas dan proses PPDB bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

“Baru saja saya sempat berbicara dengan operator call center. Banyak orang juga mengakses layanan ini. Dan pertanyaannya juga beragam, mulai dari lokasi sekolah dan seterusnya,” tambahnya.

Sebagai informasi, Pemprov Jatim melalui Dinas Pendidikan Jatim juga telah membuka layanan masyarakat melalui call center dan pesan WhatsApp (WA). Untuk obrolan WA, masyarakat bisa menghubungi melalui nomor 081131108881. Atau bisa juga menghubungi layanan operator sekolah 081131108882.

Sedangkan untuk telepon saja, Dindik Jatim menyediakan delapan nomor yang bisa dihubungi melalui ponsel. Diantaranya 081131108883, 081131108884, 081131108885, 081131108886, 081131128883, 081131128884, 0881831, 128.

Untuk itu, Khofifah mengimbau kepada orang tua calon siswa agar tidak ragu untuk mengakses berbagai posisi layanan PPDB yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan Jatim jika menemui kendala dalam proses PPDB. Baik datang langsung atau hubungi call center.

Ia juga mengingatkan untuk mengkomunikasikan permasalahan proses PPDB melalui kantor layanan atau call center resmi yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Jatim. Jangan sampai pihak kepercayaan masyarakat yang mengaku bisa menyelesaikan atau membantu proses PPDB, apalagi dengan ganti rugi. Karena seluruh proses PPDB gratis.

“Mohon kepada seluruh orang tua calon siswa, jika ada kendala dalam proses PPDB online segera mendatangi kantor layanan yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan Jatim. Insyaallah petugas siap membantu kalian semua dan gratis,” ujarnya.

Berdasarkan data pada Senin (19/6/2023) pukul 22.15 WIB, jumlah mahasiswa yang mengajukan PIN sebanyak 276.654 mahasiswa. Sedangkan 270.280 siswa telah mendapatkan PIN. Sedangkan 6.374 siswa (2,30%) masih dalam proses verifikasi PIN.

Sedangkan pada pelaksanaan PPDB tingkat SMA/SMK Negeri se-Jawa Timur pada tahun 2023 daya tampungnya hanya 221.571 siswa (38,51%) yang diperebutkan oleh 575.108 siswa lulusan SMP/MTs.

Sebagai informasi, seluruh proses PPDB di tingkat SMA dan SMK dilakukan seluruhnya secara online dan dapat diakses oleh Calon Peserta Didik Baru (CPDB) melalui website ppdb.jatimprov.go.id. Sebelumnya, proses ini juga didahului dengan proses pengumpulan PIN PPDB secara online melalui ppdb.jatimprov.go.id.

PPDB untuk SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur memiliki lima tingkatan. Tahap 1 berlangsung 19-20 Juni 2023. Tahap 1 meliputi jalur verifikasi pagu sekolah 15% yang terbagi untuk keluarga kurang mampu dan Program Penguatan Pendidikan Menengah (ADEM) 7%, anak bekerja dari keluarga kurang mampu 5%, dan penyandang cacat . kecacatan sebesar 3% dari pagu sekolah.

Masih di Tahap 1, kuota dibagi menjadi tugas orang tua/wali sebesar 5% dari pagu sekolah, yang terbagi menjadi tugas orang tua/wali sebesar 2%, anak guru/tenaga kependidikan sebesar 2%, dan anak. tenaga kesehatan sebesar 1% dari dewan sekolah.

Selanjutnya jalur Pencapaian Hasil Lomba adalah 5% dari pagu sekolah, yang terbagi menjadi 2% dari hasil lomba akademik, hasil lomba non akademik, Ketua OSIS, dan Hafidz Qur’an sebesar 3% dari pagu sekolah .

Selanjutnya, pendaftaran PPDB level 2 jalur Pencapaian Nilai Akademik SMA dibuka pada 24-25 Juni 2023 dengan kuota 25%. Proses seleksi pada jenjang 2 dilakukan berdasarkan rata-rata rapor semester 1-5 SMP/sederajat dengan bobot 70% ditambah nilai akreditasi sekolah asal dengan bobot 30%.

Kemudian tahap 3, jalur zonasi SMK mulai dilaksanakan secara daring pada 27-28 Juni 2023 dengan kuota 10%. Jenjang ini diperuntukkan bagi siswa dari dalam/luar zona, dan seleksi dilakukan berdasarkan jarak dari rumah ke sekolah.

Sedangkan Tahap 4 PPDB jalur zonasi SMA dengan kuota 50% akan dimulai secara daring pada 1-2 Juli 2023. Tahapan ini diperuntukkan bagi calon siswa dari dalam zona dan luar zona dan seleksi dilakukan berdasarkan jarak tempuh. dari rumah ke sekolah.

Terakhir, tahap 5 jalur prestasi SMK dengan kuota ditetapkan 65% dari pagu sekolah akan mulai dilaksanakan secara daring pada 4-5 Juli 2023.

Sedangkan salah satu calon siswa yang datang ke kantor layanan PPDB di UPT TIKP adalah Isma lulusan SMPN 15 Surabaya. Dia mempresentasikan masalah terkait pin yang tidak dapat diakses.

“Jadi kenapa pin saya tetap salah padahal sudah benar? Saya langsung diterima petugas. Alhamdulillah petugasnya juga ramah, pelayanannya juga baik dan tidak ribet. Terima kasih banyak,” tutupnya.