Keseruan ‘Trial Class Pecahkan Imajinasinya’, Kelas Gratis Belajar Stand Up Comedy – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Comika kembali membuka kelas ‘Trial Class, Solve Your Imagination’ untuk pembelajaran berdiri komedi. Kelas yang sudah dilaksanakan sebanyak dua kali ini menyajikan materi tentang Mind Theater.

Bertempat di Kantor Pusat Comika, Petogogan, Jakarta Selatan, Sabtu (2/3/2023), kelas ini terbuka untuk umum dan gratis. Jurnalis Pahami.id termasuk sebagai ‘siswa’ di kelas tersebut.

Terpantau di lokasi, peserta cukup banyak. Ruangan Comika Comedy Club di lantai 2 Markas Comika sudah terisi penuh. Beberapa peserta juga berpartisipasi secara online.

Guru kelas ini adalah Dany Beler, seorang komika asal Bogor. Ia merupakan salah satu komika Indonesia yang pandai menyampaikan materi bercerita. Mungkin karena itulah Comika mengangkatnya sebagai ‘guru’ di kelas Teater Pikiran.

Suasana Kelas Uji Coba Pemecahan Imajinasi di Kantor Pusat Comika, Jakarta Selatan [Instagram]

Sebelum memulai pembelajaran, Dany Beller terlebih dahulu berinteraksi dengan para peserta. Bahkan namanya comic, ada lucunya dari mulutnya yang bikin perut kita keroncongan disana.

Materi Theater of Mind yang dijelaskan oleh Dany Beler terbagi menjadi empat bagian yaitu Pentingnya Theater of Mind, Kekuatan Kata-kata dalam Membentuk Imajinasi, Theater of Mind dalam Stand Up Comedy, dan Latihan Lucu: Theater of Mind.

Menurut Dany Beler, Theater of the Mind adalah pertunjukan di dalam pikiran dan kemudian berubah menjadi orang lain. Jika dikaitkan dengan stand up comedy, asumsi penonton yang terbentuk dari transformasi tersebut kemudian dipatahkan oleh komik tersebut sehingga menimbulkan keterkejutan dan gelak tawa.

Penjelasan Dany Beller cukup lengkap. Agar peserta mudah memahami maksudnya, komika lulusan SUCI 7 Kompas TV ini juga memberikan contoh, melalui video atau latihan di atas panggung.

Suasana Kelas Uji Coba Pemecahan Imajinasi di Kantor Pusat Comika, Jakarta Selatan [Instagram]
Suasana Kelas Uji Coba Pemecahan Imajinasi di Kantor Pusat Comika, Jakarta Selatan [Instagram]

Menariknya, para peserta juga diajak berlatih langsung melakukan teater pikiran dari cerita-cerita ciptaan Dany Beler. Kemudian, peserta diminta menyempurnakannya melalui lucunya mereka sendiri.

Ada beberapa kontestan yang maju ke atas panggung. Ia juga seorang pemula, tak sedikit yang kebingungan ketika disuruh melakukan stand up comedy mind theater. Namun setidaknya peserta sudah mengetahui ilmunya, tinggal banyak berlatih saja.

Menutup kelas ini, para peserta berfoto bersama Dany Beler di atas panggung. Senyum bahagia tampak di wajah para peserta karena mendapat ilmu baru secara cuma-cuma.

Jaringan ke Lulus

‘Kelas Eksperimen untuk Memecahkan Imajinasi Mereka’ adalah rangkaian kelas menuju Sekolah Solusi yang akan dibuka Comica.

Sekolah Pecahhkan pada umumnya merupakan tempat belajar seni stand up comedy. Sekolah ini terbuka untuk mempelajari teknik menulis dan berbicara di depan umum yang akan digunakan dalam pilihan karir yang lebih luas.

“Tetapi secara khusus Solve School akan membantu siapa saja untuk menjadi seorang stand-up comedian atau komika,” ujarnya Pandji Pragiwaksono sebagai Co-CEO Comika.

Solve School disebut sekolah karena akan berjalan sepanjang tahun dan terbagi dalam dua semester.

Pada semester pertama, peserta akan terbantu mulai dari membuat lelucon pertama hingga mendapatkan pekerjaan pertama.

Semester kedua terdiri dari membantu pekerjaan pertama hingga pertunjukan khusus pertama, kata Pandji.

Berbeda dengan Kelas Trial, Solve School akan dikenakan biaya per semester.