Kenan Keyboardist Isyana Sarasvati Tampil Memukau di Ajang Yamaha International Highlight Concert 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Yamaha International Summit Concert 2023 kembali sukses digelar dan untuk kedua kalinya digelar di Jakarta. Acara ini merupakan pertunjukan musik siswa Yamaha Music School yang diikuti oleh 40 negara.

Konser Yamaha International Highlight 2023 digelar di Artpreneur, Jakarta pada Sabtu (3/12/2023). Acara tersebut sukses besar dan menampilkan penampilan musik yang luar biasa dari talenta-talenta muda dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Yamaha International Highlight Concert pertama kali diadakan pada tahun 2019 di Singapura, yang merupakan gabungan dari Asia Pacific Junior Native Concert, Yamaha Electone Festival, Yamaha Junior Piano Competition, Popular Music Course Competition dan konser lainnya yang menampilkan pelajar-pelajar yang telah berpartisipasi di berbagai Sekolah Musik Yamaha. aktivitas.

Pertunjukan musik ini tidak hanya menampilkan karya-karya klasik pada piano, namun juga karya-karya orisinal karya para pemain pelajar Junior Original Concert*1, dan improvisasi*2.

Konser Sorotan Internasional Yamaha. [dokumentasi pribadi]

Sejumlah siswa menampilkan pertunjukan improvisasi dalam format estafet, menggunakan musik mereka sendiri untuk mengembangkan motif (melodi) pendek sekitar dua birama, yang dikumpulkan dari penonton.

Pertunjukan improvisasi ini akan memberikan gambaran sekilas tentang manfaat pendidikan musik komprehensif yang menumbuhkan kreativitas, yang merupakan salah satu prinsip filosofi Sekolah Musik Yamaha.

Konser Yamaha International Summit telah diselenggarakan sebanyak lima kali. Namun, baru kali ini acara tersebut digelar secara tatap muka. Sebab, empat acara sebelumnya berlangsung secara online.

Menariknya, pemain keyboard Isyana Sarasvati, Kenan Loui Widjaja ikut serta dalam kompetisi ini. Kenan mengaransemen lagu untuk salah satu penampilan siswa Yamaha Music School asal Indonesia yaitu Ethnosepta yang menyanyikan lagu-lagu tradisional Indonesia.

Sebenarnya saya hanya membuat pondasinya saja, mereka yang membangunnya, kata Kenan, dalam keterangan yang diterima Pahami.id.

Hal itu bukan sesuatu yang sulit karena menurut Kenan, anggota Ensamble merupakan juara nasional tahun lalu yang kualitasnya sudah bagus, terutama kemampuan individunya.

“Jadi saya hanya memberikan audio guide dan lembaran musik dasar saja, mereka tinggal belajar sendiri,” kata Kenan.

Kenan menuturkan, penyusunan medley lagu daerah Indonesia tergolong cepat, yakni 2 minggu. “Tetapi yang membutuhkan waktu lebih lama adalah menyatukan visi untuk mendapatkan mood dan dinamika,” kata Kenan.