Kebakaran Gunung Lawu Belum Padam, Api Terpantau Mengarah ke Pos 1 Jalur Pendakian – Berita Jatim

by
Kebakaran Gunung Lawu Belum Padam, Api Terpantau Mengarah ke Pos 1 Jalur Pendakian

Pahami.id – Api Gunung Lawu masih belum padam. Api masih terpantau turun menuju area Pos 1 Jalur Pendakian Cemoro Sewu pada Jumat (20/10/2023) pukul 00.05 WIB.

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Magetan menginformasikan sejumlah anggotanya untuk berjaga di Basecamp Jalur Pendakian Cemoro Sewu, Kampung Ngancar, Plaosan.

“Kami mendapat instruksi dari Pj Bupati Magetan untuk bersiaga di Cemoro Sewu, karena api mulai menjalar ke bawah. “Kami diinformasikan memperkirakan jika api mulai mendekati pemukiman warga,” kata Kepala Pemadam Kebakaran Damkar, Satpoll PP dan Magetan, Ali Sukamto dikutip dari jaringan Beritajatim.com– Pahami.id.

Ali berharap api tidak sampai ke pemukiman warga. Namun, ia masih memiliki satu mobil penyelamat dan dua truk perbekalan yang siaga. Selain itu, Dankar juga mendapat bantuan truk penyedia air milik PMI Magetan.

Ia mengatakan, dari pantauannya, api masih jauh dari pemukiman warga. Pergerakan api terus terpantau, bila diperlukan petugas Damkar Magetan siap bergerak.

“Di Mako Damkar masih ada lima unit dan petugas piket yang harus siap, jika ada permintaan perawatan di hilir,” kata Ali.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hutan terjadi di Plot 73 RPH Sarangan BKPH Lawu Selatan KPH Lawu Ds kali ini menuju Sendang Panguripan di bawah area Pos 1 Jalur Pendakian Cemoro Sewu pada Kamis (19/10). /2023) pukul 19.30 WIB.

Petugas dan warga yang sebelumnya berada di lokasi turun demi alasan keamanan.

Posko Lapangan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Gunung Lawu terus melakukan pemantauan dari Basecamp Jalur Pendakian Cemoro Sewu.