Kawasan Sarangan Longsor, Berikut Titik Rawan Bencana di Magetan yang Perlu Diwaspadai – Berita Jatim

by
Kawasan Sarangan Longsor, Berikut Titik Rawan Bencana di Magetan yang Perlu Diwaspadai

Pahami.id – Pintu masuk objek wisata Telaga Sarangan di Desa Sarangan, Magetan ambruk pada Jumat (5/1/2024). Tiga orang menjadi korban material yang terjatuh.

Korban dilarikan ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Longsor terjadi di sekitar Kebun Stroberi Sarangan dan pintu masuk Telaga Sarangan. “Untuk titik dekat kebun stroberi, akses jalan belum ditutup 100 persen dan sudah ditangani warga. Sedangkan di titik akses Telaga, malam ini (Jumat) juga akan ditangani tim respon cepat dan BPBD setempat,” kata Eka , dikutip Antara.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Eka Wahyudi mengatakan, longsor terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras selama 4 jam. Kontur tanah yang terjal tidak mampu menahan keluarnya air hujan.

Ia mengimbau pengguna jalan berhati-hati saat melintasi jalur tersebut. Karena daerah ini rawan bencana.

Kawasan Sarangan merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah di lereng Gunung Lawu yang rawan longsor di Magetan.

Berdasarkan pemetaan BPBD setempat, selain Plaosan, terdapat Kecamatan Poncol, Parang, Panekan, dan Sidorejo yang rawan longsor karena berada di lereng Gunung Lawu.

Ia memastikan petugas BPBD Magetan bersama anggota TNI dan kepolisian setempat akan terus memantau jalur-jalur yang sering terjadi bencana.

Termasuk memantau tempat-tempat rawan longsor yang terjadi di beberapa titik.