Kawasan Hutan di Lereng Gunung Lawu Alami Kebakaran Hebat, Api Terlihat dari Magetan – Berita Jatim

by
Kawasan Hutan di Lereng Gunung Lawu Alami Kebakaran Hebat, Api Terlihat dari Magetan

Pahami.id – Pada Jumat malam (29/9/2023), kawasan hutan di lereng Gunung Lawu mengalami kebakaran hebat. Api yang membakar kawasan ini bahkan terlihat dari kawasan Magetan.

Berdasarkan cuitan di akun X @merapi_uncover, wilayah yang mengalami kebakaran adalah RPH Manyul Girimulyo Jogorogo Ngawi. Dalam cuitan di akun tersebut disebutkan, kebakaran tadi malam terlihat jelas di Magetan, Jawa Timur.

Kawasan hutan di lereng Gunung Lawu dilaporkan kembali terbakar malam ini, tepatnya di RPH Manyul Girimulyo Jogorogo Ngawi. Dari jauh terlihat api berkobar cukup terang di Magetan, semoga segera padam.” tulis @merapi_uncover.

Api yang terjadi menjalar ke semak-semak dan hampir menghanguskan sejumlah wilayah di Gunung Lawu. Penyebab cepatnya api meluas karena angin kencang yang bertiup di kawasan tersebut.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di RPH Tlogo Dringo atau Bukit Gembel di kawasan Mongkrong, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar pada Kamis (28/9/2023).

Kebakaran awal ini menghanguskan sedikitnya 10 hektar lahan di Gunung Lawu. Awalnya, api memakan sedikitnya 2,5 hektare lahan di lokasi.

Hingga saat ini penyebab kebakaran di lereng Gunung Lawu belum terungkap. Dugaan utama angin menyebabkan api menjalar ke beberapa kawasan gunung.