Kanker Menyebar ke Otak, Kiki Fatmala Pilih Dirawat di Rumah hingga Tutup Usia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Artis senior Kiki Fatmala meninggal dunia pada Jumat (1/2/2023). Terungkap, sel kanker yang awalnya bersarang di paru-paru telah menyebar ke otak sejak Desember tahun lalu.

Kiki Fatmala telah menjalani kemoterapi sebanyak 25 kali. Sejak kankernya menyebar ke otak, belum ada obat yang bisa menyembuhkan aktris tersebut, kecuali menjalani kemoterapi.

mendiang suami Kiki Fatmala, Christopher; dan adik Kiki Fatmala, Anna di RS Siloam Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2023) [Pahami.id/Tiara Rosana]

“Kiki mendapat kemoterapi sebanyak 25 kali, tapi (sel kanker) dari paru-parunya menyebar ke otak. Tidak ada obat lain untuk otaknya,” kata suami Kiki, Christopher, saat ditemukan di rumah almarhum di RS Siloam. , Semanggi, Selatan. Jakarta, Jumat (1/12/2023).

“(Sel kanker menyebar ke otak) sejak Desember tahun lalu,” lanjutnya.

Kondisi bintang film Enter Kena, Retreat itu memburuk drastis dalam beberapa pekan terakhir. Kiki Fatmala kemudian menyerah dan memilih dirawat di rumah.

Potret Terakhir Kiki Fatmala (Instagram/@qq_fatmala)
Potret Terakhir Kiki Fatmala (Instagram/@qq_fatmala)

Lima minggu lalu dia (Kiki Fatmala) terjatuh, dan minggu ini dia koma. Setelah itu hari ini dia meninggal, kata Christopher.

“Dan dia (Kiki Fatmala) sudah tidak mau lagi dirawat di rumah sakit, sehingga kami memutuskan untuk tidak memasukkannya ke rumah sakit dan merawatnya di rumah hingga akhirnya (meninggal dunia),” ujarnya.

Sejak divonis mengidap kanker, aktris berusia 56 tahun ini selalu bersemangat berjuang untuk kesembuhannya. Namun dia akhirnya menyerah karena kesehatannya terus memburuk.

“Dia sudah berjuang selama dua tahun, tapi bulan lalu sudah cukup, dia menyerah,” kata adik Kiki, Anna, di kesempatan yang sama.

Jenazah Kiki Fatmala kini disemayamkan di Rumah Duka RS Siloam Semanggi. Rencananya jenazah akan dimakamkan di San Diego Hills, besok, Sabtu (2/12/2023) pagi.

Diberitakan sebelumnya, pihak keluarga pertama kali menyampaikan informasi meninggalnya Kiki Fatmala melalui postingan Instagram. Informasi menyebutkan bahwa aktris tersebut meninggal karena komplikasi penyakit kanker.

“Dengan kesedihan yang mendalam dan berat hati, kami mengumumkan meninggalnya Kiki Fatmala tercinta,” demikian bunyi pernyataan yang dipublikasikan, Jumat (1/12/2023).

Kiki Fatmala merupakan artis Indonesia yang memulai karirnya di dunia hiburan pada tahun 1988. Ia memulai debutnya dalam film Game Behind the Blind.

Nama Kiki Fatmala mulai melambung sejak membintangi sinetron horor Si Manis Jembatan Ancol pada tahun 1994. Kemudian, ia mulai meninggalkan dunia seni dan semakin sibuk menjadi guru aerobik.