Kalau Masih Mau Nyanyi Kenapa Keluar? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ahmad Dhani menanggapi keberatan Once Mekel yang menurutnya reaksinya berlebihan saat meminta royalti lagu Dewa 19.

Ahmad Dhani mengaku merasa ikatan kekeluargaan dengan sang vokalis usai setelah Once memutuskan hengkang dari grup Dewa 19.

“Sebenarnya saat Once mengumumkan akan hengkang pada 2019, hubungan keluarga sudah putus. Dia minta cerai ya, jangan tanya seperti itu,” ujar Ahmad Dhani di acara Liputan 6 Talks belum lama ini.

Ahmad Dhani juga mengatakan, Mekel seharusnya menyadari bahwa dia tidak bisa lagi menyanyikan lagu Dewa 19 setelah keluar dari band.

“Yang jelas, ketika kita menggunakan akal sehat, ketika seorang penyanyi keluar dari sebuah band, konsekuensi logisnya adalah tidak menyanyikan lagu dari band itu lagi. Kalau masih ingin menyanyi lagi, kenapa keluar? Masih ada band,” terangnya. Ahmad. Dani.

Selain itu, perilisan Once Mekel juga membuat Dewa 19 tidak bisa tampil karena kekosongan vokalis. Sedangkan yang bersangkutan masih bisa menerima tawaran pekerjaan sebagai penyanyi solo.

“Saat Once keluar dari Dewa 19, band itu vakum, tidak ada karya. Sedangkan Once terus berkarya sambil menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Itu tidak adil,” kata Ahmad Dhani.

“Kalau mau pergi dan tetap mau nyanyi lagu Dewa 19 itu tidak benar. Dalam artian biasa itu tidak benar, kecuali orang benar-benar tidak punya akal,” lanjutnya.

Sengketa pembayaran royalti antara Ahmad Dhani dan Once Mekel dimulai pada November 2022. Dia mengatakan, penyanyi Dealova belum membayar royalti usai membawakan lagu Dewa 19.

“Dulu cukup susah, saya tidak pernah mau bayar,” jelas Ahmad Dhani.

Potret Kebersamaan Ahmad Dhani dan Once Mekel (Instagram/@ahmaddhaniofficial)

Sedangkan menurut versi Once Mekel, dia tidak perlu membayar royalti kepada Ahmad Dhani. Segala sesuatu yang berkaitan dengan pembayaran royalti ditangani langsung oleh Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

“Lembaga ini menghimpun dari orang-orang yang menggunakan karya orang lain dan menyalurkannya kepada penciptanya,” jelas Once Mekel.

Begitu pula Mekel yang menyayangkan mengapa Ahmad Dhani mengirimkan pengacara untuk menagih royalti dari lagu Dewa 19 yang dinyanyikannya. Dia merasa mantan rekannya tidak pernah mengeluhkan hal ini sebelumnya.

“Jadi tidak ada komunikasi langsung, tiba-tiba datang pengacara. Padahal saya terbuka untuk pembicaraan ini di luar konteks hukum,” kata Once Mekel.