Kafe di Bypass Pandaan Terbakar, Semua Bangunan Ludes – Berita Jatim

by
Kafe di Bypass Pandaan Terbakar, Semua Bangunan Ludes

Pahami.id – Sebuah kafe di Jalan By pass Pandaang, Kabupaten Pasuruan terbakar, Selasa (17/10/2023). Seluruh bangunan Kafe Omah Pring milik Perusahaan Milik Kampung Bersama (BUMDes) musnah dilalap api.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan satu unit milik perusahaan datang untuk memadamkan api.

Mengutip dari Suarajatimpost.com–rekan media Pahami.id, api diduga berasal dari salah satu bangunan di sisi selatan.

Ketua BUMDES Kampung Karangjati, Kokoh mengatakan, salah satu pekerja kafe menemukan api.

“Saat itu saya hendak salat, tiba-tiba salah satu pekerja kafe berlari hendak melapor ke saya. Percikan api terdengar dari atap kafe yang terbuat dari bambu dan atap alang-alang di sisi selatan terbakar,” ujarnya.

Mendengar kebakaran tersebut, ia dan beberapa pekerja lainnya langsung berusaha memadamkan api. “Api berhasil kami padamkan dengan menggunakan selang yang dihubungkan dengan pompa listrik yang saat itu listrik masih bisa digunakan,” ujarnya.

Namun hembusan angin kencang membuat api cepat membesar. “Kami dan para pekerja kafe berlarian menyelamatkan barang-barang berharga. Namun sayangnya besarnya api membuat beberapa perangkat elektronik tidak dapat diselamatkan, termasuk hewan peliharaan,” lanjut Kokoh.

Data sementara menyebutkan kerugian mencapai Rp 1,6 miliar.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Pandaan Iptu Budi Luhur belum bisa memastikan penyebab pasti kebakaran tersebut.

“Kami belum bisa memastikan penyebab kebakaran yang menghanguskan hampir seluruh bangunan kafe tersebut, namun untuk sementara karena cuaca panas,” jelasnya.