Kabupaten Ngawi Dikunjungi 46 Ribu Wisatawan Selama Lebaran, Ada Wisata Apa Saja? – Berita Jatim

by
Kabupaten Ngawi Dikunjungi 46 Ribu Wisatawan Selama Lebaran, Ada Wisata Apa Saja?

Pahami.id – Pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mencatat sebanyak 46 ribu wisatawan berkunjung ke sejumlah tempat wisata selama libur Lebaran 2023 yang berlangsung 19-26 April.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Ngawi Wiwien Purwaningsih menjelaskan, pihaknya mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Ngawi pada masa libur Idul Fitri 19-26 April 2023 mencapai lebih dari 46 ribu orang.

Menurut dia, jumlah kunjungan terpantau di tiga lokasi wisata utama di Ngawi, yakni kunjungan air terjun Taman Srambang di Kecamatan Jogorogo, Kebun Teh Jamus di Kecamatan Sine, dan Taman Wisata Tawun Ngawi.

“Jumlah kunjungan ke Taman Srambang mencapai 27 ribu orang pada Lebaran kemarin. Sedangkan Kebun Teh Jamus tercatat sekitar 13 ribu pengunjung dan Taman Tawun sekitar 6 ribu pengunjung,” kata Wiwien seperti dikutip ANTARA, Rabu (3/5/2019). . . 2023).

Selain itu, berdasarkan hasil pantauannya, beberapa tempat wisata lain juga ramai dikunjungi pengunjung namun tidak seramai ketiga lokasi di atas.

Seperti Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi, Taman Selondo Jogorogo, Desa Wisata Kayangan, dan lain sebagainya.

Ditambahkannya, banyaknya kunjungan wisatawan saat libur Idulfitri otomatis berdampak pada bisnis di sekitar objek wisata, mulai dari kuliner, cinderamata, hingga jasa persewaan wahana di kawasan tersebut.

Pihaknya terus mendorong para pelaku wisata untuk berinovasi dan berkreasi guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Ngawi.

Selain itu, pihaknya juga aktif melakukan pembinaan dan pendampingan khususnya kepada para pelaku desa wisata yang dikelola oleh BUMDes agar lokasi usahanya tetap eksis yang pada akhirnya juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ngawi.