Jumlah Pengikut Gibran Rakabuming di Sosmed Melambung, Jadi Modal Menang Satu Putaran? – Berita Jatim

by
Jumlah Pengikut Gibran Rakabuming di Sosmed Melambung, Jadi Modal Menang Satu Putaran?

Pahami.id – Tren peningkatan jumlah pengikut calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di situs media sosial menjelang hari pemilihan dan Pilpres 2024 jadi perhatikan.

Dari data yang dihimpun melalui Instrack dan SocialBlade periode 1 Januari 2024 hingga 1 Februari 2024, calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap platform tersebut. Tik tok.

Akun Tiktok milik Gibran, @gibran_rakabuming, dalam waktu 1 bulan mampu meraup tambahan 1 juta pengikut atau meningkat 188 persen dibandingkan dua pesaing lainnya.

Sebagai perbandingan, Mahfud MD hanya mencatatkan peningkatan pengikut sekitar 122 ribu atau 134%, sementara Muhaimin Iskandar berada di posisi terbawah dengan pertumbuhan 170 ribu pengikut atau 124%.

Tak hanya di Tiktok, tren serupa juga terlihat jika dilihat di platform Instagram. Gibran Rakabuming mencatatkan peningkatan pengikut sebesar 50% atau 771 ribu pengikut baru.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan Muhaimin Iskandar yang mengalami pertumbuhan 4,17% atau 156 ribu pengikut baru, dan Mahfud MD yang tumbuh 6,11% atau 74 ribu pengikut baru.

Pemaparan ini menunjukkan bahwa strategi konten yang diterapkan Gibran Rakabuming di Instagram berhasil menarik khalayak yang lebih luas dan beragam.

Tidak dapat dipungkiri, di Indonesia, platform Instagram dan TikTok merupakan platform media sosial yang memiliki audiens yang sangat tinggi, dengan persentase masing-masing sebesar 86,5% dan 70,8%.

Strategi politik yang diterapkan pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 diketahui mampu menjangkau pemilih muda yang melek media sosial. Melalui pendekatan inovatif, Gibran membangun kedekatan dengan pemilih melalui media sosial, khususnya platform TikTok.

Sedangkan dari hasil survei terbaru LSI Denny JA. Hasil survei menunjukkan paslon 02 mendominasi hampir semua platform media sosial.

Prabowo-Gibran memiliki keunggulan baik di kalangan pemilih yang aktif di media sosial maupun di kalangan yang tidak menggunakan media sosial.

Di antara pemilih yang memiliki media sosial, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 45,2%, kata Ketua LSI Denny JA Ardian Sopa.

Sedangkan bagi pemilih yang tidak memiliki akun media sosial, elektabilitas Prabowo-Gibran berada di angka 49,2%.

Di kalangan pengguna WhatsApp, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 44,1%. Sedangkan di kalangan pengguna Facebook, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 47%. Di platform YouTube, elektabilitas Prabowo-Gibran berkisar 45,1%.

Selain itu, di platform TikTok, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 47,9%, sedangkan di Instagram, Prabowo-Gibran berhasil meraih elektabilitas tinggi hingga mencapai 73,1%.

LSI Denny JA melakukan survei pada periode 3-11 Januari 2024 dengan melibatkan 1.200 responden yang diwawancarai secara tatap muka menggunakan kuesioner.