Jokowi Tak Mau Campuri Urusan Politik Gibran, Tapi Restui Apapun Keputusannya – Berita Jatim

by
Jokowi Tak Mau Campuri Urusan Politik Gibran, Tapi Restui Apapun Keputusannya

Pahami.id – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyetujui segala langkah politik yang diambil putranya, Gibran Rakabuming Raka.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri peringatan Hari Pelajar di Tugu Pahlawan, Minggu (22/10/2023). Tugas orang tua hanya mendoakan dan merestui, kata Jokowi.

Ia pun mendukung seluruh calon yang akan bertanding di Pilpres 2024. “Dukung semuanya demi kebaikan negara ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Gibran diusung Partai Golkar sebagai calon wakil presiden (Bacawapres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Namun, dia belum mau mengomentari keputusan Partai Golkar yang mencalonkan putranya. “Tanya, tanya parpol. Itu provinsi parpol atau gabungan parpol atau gabungan parpol. Itu bukan urusan presiden,” tegasnya.

Beberapa waktu lalu, Jokowi mengaku sempat bertemu dengan beberapa menteri di kabinetnya, seperti Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, dan Zulkifli Hasan. Namun pertemuan itu hanya sebatas laporan.

“Iya, sudah seminggu kita tidak bertemu. Ya, Sabtu dan Minggu selalu kita lapor. Biasanya kita bertemu dengan menteri dan lapor,” ujarnya.

Presiden menghindari pertemuan yang membahas keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar yang mengusung Gibran sebagai calon wakil presiden. Rapimnas Nasional itu urusan Golkar, tegasnya.

Menurutnya, langkah politik yang diambil Gibran semata-mata merupakan keputusannya. Jokowi menegaskan tidak ikut campur dalam masalah ini.

Sebagai orang tua, ia hanya mendoakan dan merestui apapun yang dilakukan anaknya. “Orang tua tinggal berdoa dan merestui. Keputusannya karena mereka sudah dewasa, jangan terlalu ikut campur dalam urusan yang sudah diputuskan oleh anak kita,” ujarnya.

Kontributor: Yuliharto Simon Christian Yeremia