Jatim Raih Peringkat I Anugerah Legislasi 2023 Kemenkumham – Berita Jatim

by
Jatim Raih Peringkat I Anugerah Legislasi 2023 Kemenkumham

Pahami.id – Pemprov Jatim sukses meraih penghargaan Tingkat I kategori Pemerintah Kabupaten Provinsi pada Law Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasona Laoly kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diwakili oleh Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Lilik Pudjiastuti pada pukul 16.00 WIB. acara Law Awards 2023 di Jakarta beberapa hari yang lalu

Legislative Awards 2023 dibagi dalam enam kategori nominasi. Diantaranya kategori Kanwil Kemenkumham Golongan I, Kanwil Kemenkumham Golongan II, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan terbaik. Kadivyankumham. Untuk kategori Pemerintahan Provinsi, Juara I diraih oleh Jawa Timur, sedangkan Juara II diraih oleh Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Sulawesi Tenggara pada Juara III. Atas keberhasilan meraih penghargaan ini, Khofifah menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak. Menurutnya, penghargaan ini merupakan bukti komitmen bersama dalam menghasilkan peraturan daerah (Peraturan Daerah) yang berkualitas dan berintegritas.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur dan bangga atas penghargaan legislatif kali ini. “Ini semua merupakan hasil kerja sama kita baik jajaran Pemprov Jatim, DPRD Jatim serta pemangku kepentingan terkait dalam menghasilkan peraturan daerah yang berkualitas dan berintegritas,” kata Khofifah, di Surabaya, Selasa. , (5/12/2023).

Hasil dari komitmen bersama berupa peraturan daerah yang berkualitas ini juga telah diakui dalam penilaian penghargaan legislatif oleh Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan (DJPP) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI melalui beberapa tingkatan dan ketentuan dan lain-lain. dokumen pendukung. Semua itu merupakan indikator kinerja profesional dan berdedikasi dalam menyelaraskan, menyempurnakan dan memantapkan konsep Rancangan Peraturan Daerah dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah untuk menghasilkan peraturan yang berkualitas.

Khofifah menjelaskan, pembuatan peraturan daerah memerlukan konsep yang matang dan selaras dengan peraturan yang ada di pemerintah pusat dan juga berdasarkan kearifan lokal masing-masing daerah. Agar sesuai dengan kebutuhan daerah dan kepentingan masyarakat.

“Keselarasan ini penting agar peraturan daerah yang dibentuk mampu menciptakan peraturan yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat di daerah,” tegasnya.

Di sisi lain, kata Khofifah, penghargaan ini juga akan menjadi motivasi dan penyemangat dalam meningkatkan kinerja dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat Jatim.

“Hal ini menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan memperkuat kerja sama yang telah terjalin dengan semua pihak. “Sehingga peraturan yang dibuat berdampak langsung kepada masyarakat,” tutupnya.